Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Perekonomian Nasional, Forum Bisnis INA-LAC Kembali Digelar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Sabtu, 17 September 2022, 07:25 WIB
Tingkatkan Perekonomian Nasional, Forum Bisnis INA-LAC Kembali Digelar
Media gathering sosialisasi INA-LAC Business Forum yang diselenggarakan pada Jumat 16 September 2022 di Westin Hotel, Jakarta Selatan/RMOL
rmol news logo Dalam upaya meningkatkan perekonomian nasional, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI akan kembali menyelenggarakan forum bisnis antara Indonesia dengan kawasan Amerika Latin dan Karibia lewat "INA-LAC Business Forum” yang diadakan pada 17-18 oktober mendatang.

Acara yang telah diselenggarakan selama empat kali ini akan digelar di wilayah Gading Serpong, Banten, pada tahun ini.

Staf Khusus Menteri Luar Negeri Bidang Diplomasi Kawasan, I Gede Ngurah Swajaya mengatakan forum bisnis tersebut sejauh ini telah berhasil berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian nasional antar kedua negara di tengah situasi pandemi Covid-19.

"Lewat forum (INA-LAC) ini, nilai perdagangan kita dengan semua negara Amerika latin dan Karibia menunjukkan tren peningkatan, meskipun dengan beberapa negara lainnya kita defisit, namun dengan negara Amlatkar kita surplus," ujar Ngurah Swajaya, dalam acara Media Gathering INA-LAC yang diadakan pada Jumat (16/9) di Westin Hotel, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut Ngurah menambahkan kerja sama di antara kedua belah pihak terus meningkat secara signifikan setiap tahunnya, sejak acara ini digelar pertama kali pada 2019. Ia mencatat pemasukan nilai transaksi pada forum tahun 2021 lalu mencapai 87,96 juta dolar atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Sejauh ini INA-LAC dianggap berhasil menghilangkan berbagai tantangan yang ada dalam menjalin kerja sama dengan negara Amlatkar yang dikenal cukup jauh dari Indonesia, seperti faktor jarak, geografis, konektivitas, hambatan tarif dan non-tarif, serta telah berkontribusi dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Amerika Latin.

Pada tahun ini, target yang ditetapkan dalam forum bisnis Amerika Latin dan Karibia diharapkan bisa lebih besar dari tahun lalu yaitu di atas 87,96 juta dolar AS.

Duta Besar Meksiko untuk Indonesia, sekaligus Dean Ambassadors negara kawasan Amlatkar, Armando Alvarez, dalam kesempatan yang sama menyerukan penguatan kemitraan dengan Indonesia, yang diharapkan dapat mempercepat pemulihan pascapandemi. Armando menambahkan, forum bisnis ini diharapkan dapat memberikan peluang perdagangan yang lebih besar serta lowongan pekerjaan yang lebih luas bagi masyarakatnya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA