Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Pertemuan SCO Uzbekistan, Modi Ingatkan Putin: Ini Bukan Era Perang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 17 September 2022, 08:38 WIB
Di Pertemuan SCO  Uzbekistan, Modi Ingatkan Putin: Ini Bukan Era Perang
Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden Rusia Vladimir Putin di sela-sela KTT SCO, Jumat 16 September 2022/Net
rmol news logo Rusia memahami bahwa India sangat khawatir tentang perang di Ukraina dan sejak awal invasi telah mendesak Moskow  agar segera menghentikan  pertikaian.

Dalam kesempatan bertemu dengan Perdana Menteri India Narendra Modi di sela-sela KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) di Samarkand, Uzbekistan, Jumat (16/9),  Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan bahwa  Rusia akan melakukan segala cara untuk membuat konflik di Ukraina berakhir sesegera mungkin, namun, itu semua kembali lagi kepada sikap Ukraina.

Modi mengatakan bahwa ia telah membahas persoalan ini sebelumnya bersama Putin dan berharap terjadinya gencatan senjata sesegera mungkin.

“Saya tahu bahwa era hari ini bukanlah era perang, dan saya telah berbicara dengan Anda di telepon tentang hal ini,” kata Modi, menambahkan bahwa demokrasi, diplomasi dan dialog akan menjaga dunia tetap bersama.

Putin kemudian menegaskan bahwa Kyiv telah menolak untuk bernegosiasi dan hanya ingin mencapai tujuannya sendiri di medan perang.

“Kami akan melakukan segalanya untuk menghentikan ini sesegera mungkin. Sayangnya, pihak lawan, pimpinan Ukraina, mengumumkan penolakannya terhadap proses negosiasi dan memaksakan tujuannya sendiri dengan cara militer,” ungkap Putin.

Rusia menguasai sekitar seperlima wilayah Ukraina setelah mengirim angkatan bersenjatanya ke wilayah tetangganya dari beberapa arah pada Februari. Putin mengatakan,  bahwa apa yang disebutnya "operasi militer khusus" diperlukan untuk mencegah Ukraina digunakan sebagai platform untuk agresi Barat, dan untuk membela orang-orang di Donbass.

Baru-baru ini, Ukraina berhasil merebut kembali wilayah yang dikuasai Rusia dan berhasil membuat pasukan Rusia mundur. Namun, Rusia mengatakan bahwa mereka mundur untuk menjaga agar tidak ada korban sipil dan sedang bersiap mengatur ulang pasukannya.  

Putin kemudian meyakinkan Modi bahwa dia akan terus memberi tahu mitra India tentang situasi di Ukraina.

Putin mencatat bahwa Rusia dan India secara aktif bekerja sama di platform internasional. Kedua pemimpin kemudian membahas semua situasi di dunia, serta kerja sama yang bisa dilakukan ke depannya. Kedua pemimpin juga diharapkan untuk membahas kerja sama Rusia-India di PBB dan G20.

Modi dan Putin terakhir bertemu pada Desember 2021 ketika Presiden Rusia mengunjungi India. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA