Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Hemat Energi di Tengah Krisis, Yunani Matikan Lampu Gedung Pemerintahan

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 18 September 2022, 06:27 WIB
Hemat Energi di Tengah Krisis, Yunani Matikan Lampu Gedung Pemerintahan
Gedung pemerintah kotamadya di Athena, Yunani yang dibatasi penerangannya/Net
Pemerintah Yunani berusaha mengambil berbagai langkah untuk menghemat energi di tengah krisis yang dihadapi Eropa. Salah satunya dengan terpaksa membatasi pencahayaan di gedung pemerintahan.

Dimuat Anadolu Agency, pencahayaan di gedung kotamadya Athena pada Jumat (16/9) dibatasi. Penghematan energi akan dilakukan selama jam malam.

Selain itu, pembatasan listrik juga dilakukan di situs arkeologi Athena, dengan mengalihkannya ke sistem pencahayaan ekonomis, yakni penggunaan lampu LED.

Awal minggu ini, lampu di gedung parlemen Yunani telah lebih dulu dibatasi, di mana lampu di bagian depan dan samping gedung dimatikan untuk menghemat energi.

Tetapi keputusan Ketua DPRD Kostas Tasoulas mengatakan penerangan keamanan akan tetap menyala untuk berjaga-jaga. Namun dia tidak mengatakan berapa lama pemadaman itu akan berlangsung.

Selain Yunani, negara Eropa lainnya juga menerapkan kebijakan yang sama. Seperti Prancis yang mematikan lampu menara Eiffel di Paris satu jam lebih awal pada minggu ini.

Jerman sendiri memiliki UU baru untuk menghemat energi secara nasional melalui tindakan sementara seperti melarang penerangan di tempat-tempat terkenal.

Spanyol juga memberlakukan jam malam pada toko dan monumen nasional yang sekarang diminta untuk meredupkan lampu dan tutup pada pukul 10 malam.

ARTIKEL LAINNYA