Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Mesir Naikkan Biaya Transit Terusan Suez, 15 Persen untuk Kapal Tanker Minyak

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 18 September 2022, 08:36 WIB
Mesir Naikkan Biaya Transit Terusan Suez, 15 Persen untuk Kapal Tanker Minyak
Terusan Suez, Mesir/Net
Mesir mengumumkan akan menaikkan biaya transit untuk kapal-kapal yang melintasi Terusan Suez, dan berlaku mulai Januari tahun depan.

Otoritas Terusan Suez menuturkan kenaikan biaya transit akan berbeda-beda, tergantung pada jenis kapal. Kapal tanker yang membawa minyak dan produk hasil bumi akan mengalami kenaikan 15 persen, sementara kapal pesiar dan kapal curah kering 10 persen.

Kepala otoritas, Osama Rabie, mengatakan kenaikan biaya transit tidak bisa terhindarkan. Lantaran inflasi global yang semakin tinggi membuat biaya operasi, pemeliharaan, dan pelayanan di jalur perairan paling sibuk itu menjadi lebih mahal.

Dimuat Gulf Today, sekitar 10 persen perdagangan global, termasuk 7 persen minyak dunia, mengalir melalui Terusan Suez. Ini juga menjadi sumber pendapatan Mesir, negara terpadat Arab dengan lebih dari 103 juta orang.

Mesir telah menghadapi tantangan ekonomi yang tinggi dan kehabisan mata uang asing yang dibutuhkan untuk membeli kebutuhan pokok seperti biji-bijian dan bahan bakar.

Pihak berwenang mengatakan 20.649 kapal melewati Terusan Suez pada tahun lalu, meningkat 10 persen dibandingkan dengan 18.830 kapal pada 2020. Pendapatan tahunan mencapai 6,3 miliar dolar AS pada 2021, tertinggi dalam sejarahnya.

Otoritas Terusan Suez telah bekerja untuk memperluas dan memperdalam bagian selatan jalur air, sejak sebuah kapal raksasa kandas dan menutup kanal pada Maret 2021. Penyumbatan enam hari mengganggu pengiriman global.

Pada tanggal 31 Agustus, sebuah kapal tanker minyak kandas dan sempat memblokir jalur air.

ARTIKEL LAINNYA