Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ke Yerevan, Ketua DPR AS Nancy Pelosi Bahas Bentrokan Armenia-Azerbaijan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 18 September 2022, 09:07 WIB
Ke Yerevan, Ketua DPR AS Nancy Pelosi Bahas Bentrokan Armenia-Azerbaijan
Ketua DPR AS Nancy Pelosi/Net
Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi melakukan kunjungan ke Armenia di tengah gejolak konflik yang terjadi antara negara itu dengan Azerbaijan di perbatasan.

Pelosi adalah pejabat tertinggi Amerika yang mengunjungi Armenia sejak memperoleh kemerdekaan 30 tahun lalu. Perjalanan itu dilihat sebagai langkah politik oleh Pelosi menjelang pemilihan paruh waktu pada November mendatang.

Dalam pernyataan pada Minggu (18/9), Kedutaan Besar AS di Armenia mengatakan Pelosi akan memimpin delegasi kongres ke Armenia dari 17 hingga 19 September. Delegasi itu termasuk Ketua Komite Energi dan Perdagangan DPR Frank Pallone, perwakilan Anna Eshoo, dan Jackie Speier.

Menurut The New York Times, Pelosi akan bertemu dengan Perdana Menteri Nikol Pashinyan, Ketua Majelis Nasional Alen Simonyan, dan pejabat senior Armenia lainnya untuk membahas hubungan AS-Armenia dan situasi keamanan saat ini.

Pelosi juga akan berbicara kepada pers, berpartisipasi dalam upacara peletakan karangan bunga di Armenian Genocide Memorial, dan menyampaikan pidato di Cafesjian Center for the Arts, yang akan disiarkan langsung.

Awal pekan ini, bentrokan antara Armenia dan Azerbaijan telah mengakibatkan kematian lebih dari 200 orang. Keduanya telah lama bentrok dalam menyengketakan Nagorno-Karabakh.

Pada tahun 2020, Azerbaijan dan Armenia berperang memperebutkan wilayah tersebut. Baku berhasil memenangkan kembali sebagian wilayah yang dikuasai oleh separatis.

ARTIKEL LAINNYA