Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Le Pen: Prancis Membuat Kesalahan Geopolitik dengan Ikut-ikutan Beri Sanksi Terhadap Rusia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 19 September 2022, 06:15 WIB
Le Pen: Prancis Membuat Kesalahan Geopolitik dengan Ikut-ikutan Beri Sanksi Terhadap Rusia
Marine Le Pen/Net
  Partisipasi Prancis dalam pemberian sanksi terhadap Rusia adalah sebuah kesalahan. Marine Le Pen, pemimpin faksi Reli Nasional di majelis rendah parlemen Prancis, mengatakan hal itu saat ia mengecam langkah Paris  pada konferensi pers Minggu (18/9).

"Prancis telah membuat kesalahan geopolitik dengan mengambil bagian dalam sanksi terhadap Rusia, yang tidak tepat dan tidak dipertimbangkan dengan baik,"  katanya, seperti dikutip dari TASS.

Ia juga mengecam kebijakan Uni Eropa (UE) yang terlalu memaksakan sanksi kepada Rusia sehingga berdampak luas terhadap negara-negara lain.

Menurutnya, kebijakan UE menjadi "imperial".  Saat ini, beberapa negara anggota mulai menunjukkan ketidaksetujuan terhadap langkah-langkah UE

"Posisi berbahaya dan agresif Brussel semakin ditolak oleh kekuatan-kekuatan di negara-negara anggota yang mengutamakan kepentingan nasional," katanya.

Pada Maret lalu, Le Pen juga menyuarakan hal yang sama. Ia mengatakan, meluncurkan sanksi untuk Rusia sama juga dengan 'harakiri'. Dan jika Prancis ikut-ikutan menyakiti Rusia dengan meluncurkan sanksi, maka Prancis justru telah menyakiti masyarakatnya sendiri.

"Mencoba untuk menyakiti Rusia dengan melakukan harakiri adalah metode yang buruk," katanya, saat mengomentari proposal Uni Eropa untuk memberlakukan embargo pada pengiriman minyak Rusia.  Ia mengingatkan, ekonomi Prancis akan terancam bahkan  mungkin 'mati' lebih dulu.  

"Penggunaan instrumen ini berarti memberi sanksi kepada rakyat Prancis, perusahaan Prancis, ekonomi Prancis yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk pulih," katanya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA