Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sindir AS, Kremlin: China dan Rusia Tak Punya Niat Kuasai Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 19 September 2022, 07:22 WIB
Sindir AS, Kremlin: China dan Rusia Tak Punya Niat Kuasai Dunia
Presiden Vladimir Putin saat menyambut Presiden Xi Jinping di KTT SCO Kamis 15 September 2022/Repro
rmol news logo Rusia menegaskan kembali bahwa negaranya dan sekutu dekat mereka, China, tidak memiliki niat untuk menguasai dunia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov berbicara kepada saluran Rossiya 1 Rusia pada Minggu (18/9), mengatakan bahwa justru Rusia dan China memiliki kecenderungan yang sebaliknya.

Ia menegaskan, baik Moskow maupun Beijing tidak berusaha untuk menguasai dunia, tidak seperti beberapa negara lain.

"Dalam melaksanakan hubungan bilateral mereka, Rusia dan China tidak mengklaim menguasai seluruh dunia. Namun, kita tahu bahwa beberapa negara lain memiliki kecenderungan ini,” katanya, seperti dikutip dari RT.

Moskow dan Beijing, katanya, memiliki kesamaan dalam pandangan mereka mengenai segala macam tindakan provokatif AS.Keduanya menganggap "perilaku destabilisasi" Washington sebagai "tidak dapat diterima."

Pernyataan itu muncul tak lama setelah Putin bertemu dengan timpalannya dari China Xi Jinping di Samarkand Uzbekistan sebagai bagian dari KTT Organisasi Kerjasama Shanghai pekan lalu.

Kepala negara Rusia saat itu mengatakan Moskow sangat menghargai posisi seimbang China dalam krisis Ukraina, menambahkan bahwa Kremlin memahami kekhawatiran China.

Presiden Xi, pada gilirannya, berterima kasih kepada Moskow atas sikapnya terhadap masalah Taiwan �" sebuah referensi yang jelas atas kecaman Rusia atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau itu bulan lalu.

Tidak seperti kebanyakan negara Barat, China tidak memberlakukan sanksi terhadap Rusia sebagai tanggapan atas operasi militernya di Ukraina, menjaga hubungan baik dengan Kremlin. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA