Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puluhan Warganya Tewas, Presiden Kirgistan Tetapkan 19 September sebagai Hari Berkabung Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 19 September 2022, 09:17 WIB
Puluhan Warganya Tewas, Presiden Kirgistan Tetapkan 19 September sebagai Hari Berkabung Nasional
Pertempuran pecah di beberapa lokasi di sepanjang perbatasan Kirgistan-Tajikistan/Net
rmol news logo Puluhan warga sipil Kirgistan tewas dalam pertempuran terbaru yang berlangsung selama tiga hari (14-17 September) antara pasukan negara itu dengan tetangganya, Tajikistan.

Menyikapi peristiwa itu, Presiden Kirgistan Sadyr Japarov pada Minggu (18/9) menandatangani dekrit yang menyatakan 19 September sebagai hari berkabung nasional.

Kementerian Kesehatan Kirgistan mengumumkan bahwa jumlah korban tewas dari bentrokan perbatasan mencapai 46, dengan 129 lainnya terluka.

"Di antara yang tewas, 34 dilaporkan dari pihak Kirgistan, sedangkan 12 sisanya berasal dari pihak Tajik," kata Kementerian Darurat Kirgistan, seperti dikutip dari AFP, Senin (19/9).

Kirgistan mengatakan hampir 136.000 penduduk dievakuasi dari desa-desa dekat Tajikistan, sementara Kementerian Luar Negeri Tajikistan mengatakan 25 warga sipil, termasuk anak-anak, tewas pada Jumat ketika pihak Kirgistan menargetkan desa-desa Tajikistan.

Kementerian Luar Negeri Kirgistan juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menganggap bentrokan perbatasan di wilayahnya sebagai tindakan agresi bersenjata yang sebelumnya sudah direncanakan oleh Tajikistan.

Sebaliknya, Tajikistan menganggap pihak Kirgistan bertanggung jawab atas bentrokan tersebut.

"Mereka memulai tindakan agresif terhadap integritas teritorial dan tidak dapat diganggu gugatnya perbatasan negara bagian Tajikistan dengan menggunakan semua jenis senjata api," kata Kirgistan dalam sebuah pernyataan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA