Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Dihantam Badai Fiona, Puerto Rico Matikan Listrik Satu Negara

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 19 September 2022, 12:44 WIB
Dihantam Badai Fiona, Puerto Rico Matikan Listrik Satu Negara
Puerto Rico dihantam Badai Fiona/Net
Pemerintah Puerto Rico terpaksa memadamkan listrik setelah negara pulau itu dihantam Badai Fiona pada Minggu (18/9). Pemadaman berdampak bagi seluruh penduduknya yang berjumlah 3,3 juta orang.

Operator jaringan Listrik Puerto Rico, LUMA Energy, mengatakan pada awalnya listrik benar-benar padam di seluruh pulau. Tetapi kemudian otoritas berwenang mulai menghidupkan kembali beberapa titik yang diprioritaskan.

"Seluruh sistem kelistrikan pertama kali dimatikan untuk melindungi mesin. Beberapa listrik sedang dipulihkan untuk diberikan ke rumah sakit dan layanan masyarakat penting lainnya," kata jurubicara LUMA, Abner Gomez, seperti dimuat Reuters.

Negara persemakmuran Amerika Serikat itu dihantam Badai Fiona pada Minggu sore.

Menurut National Hurricane Center (NHC), badai Fiona mendarat di pantai barat daya Puerto Rico, dekat Punta Tocon pada pukul 15.20 waktu setempat, dengan angin maksimum 140 kilometer per jam.

Kemudian pada dini hari, NHC melaporkan badai telah menyebabkan bencana banjir dan beberapa tanah longsor yang mengharuskan pemerintah menutup jalan, pelabuhan dan penerbangan.

"Ini bencana besar, kami menanggapi keadaan darurat karena kondisi cuaca memungkinkan," kata Gubernur Puerto Rico Pedro Pierluisi.

Hujan deras dan tanah longsor juga diperkirakan NHC terjadi di Republik Dominika saat badai bergerak ke arah barat laut, dengan Kepulauan Turks dan Caicos yang kemungkinan akan menghadapi kondisi badai tropis pada Selasa (20/8).

Presiden AS, Joe Biden menyetujui deklarasi darurat untuk Puerto Rico pada Minggu, yang mempercepat gerakan Badan Manajemen Darurat Federal untuk memberikan bantuan kepada warga Puerto Rico.

ARTIKEL LAINNYA