Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dua Dekade Dipenjara AS, Haji Bashir Noorzai Bebas dan Kembali ke Kabul

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 19 September 2022, 15:57 WIB
Dua Dekade Dipenjara AS, Haji Bashir Noorzai Bebas dan Kembali ke Kabul
Haji Bashir Noorzai/Net
rmol news logo Tokoh senior dan pendukung awal Taliban, Haji Bashir Noorzai yang dipenjara oleh Amerika Serikat selama bertahun-tahun kini dilaporkan telah bebas dan kembali ke rumah pada Senin (19/9).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Haji Bashir yang terhormat dibebaskan setelah dua dekade dipenjara dan tiba di Kabul hari ini," kata jurubicara Taliban yang berbasis di Doha, Mohammad Naeem.

Seperti dimuat US News, Haji Bashir merupakan orang Afghanistan terakhir yang ditahan di kamp penahanan AS di Teluk Guantanamo.

Bashir yang saat itu memimpin suku Afghanistan, tertangkap setelah menyelundupkan heroin senilai lebih dari Rp 749 miliar ke Amerika Serikat pada 2005.

Penahanan Bashir dinilai pengacara pembelanya sangat tidak adil,  sebab AS saat itu menyatakan tidak akan menangkapnya selama proses penyelidikan, namun nyatanya tokoh terkemuka Taliban itu harus ditahan hingga tahun ini.

Sejak awal, pengacara Noorzai juga terus membantah keras tuduhan pengedaran narkoba yang dijatuhkan pada kliennya dan berpendapat bahwa dakwaan harusnya dibatalkan sejak lama. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA