Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gempa Taiwan Sebabkan Kerusakan Parah, Satu Orang Meninggal Dunia dan Ratusan Terluka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 19 September 2022, 19:43 WIB
Gempa Taiwan Sebabkan Kerusakan Parah, Satu Orang Meninggal Dunia dan Ratusan Terluka
Kerusakan akibat gempa di Taiwan/Net
rmol news logo Gempa besar berkekuatan 6,9 magnitudo yang mengguncang Taiwan pada Minggu (18/9) telah menyebabkan kerusakan parah di beberapa wilayah. Gempa juga menelan satu korban jiwa, dengan ratusan lainnya terluka dan masih terjebak.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Gempa berpusat di pantai tenggara Taiwan, sekitar 50 km utara dari Kota Taitung dengan kedalaman 10 km. Badan Meteorologi Jepang dan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik AS sempat mengeluarkan peringatan tsunami di wilayah itu, yang kemudian segera dicabut.

Menurut laporan dari Pemadam Kebakaran Taiwan pada Senin (19/9) satu orang tercatat meninggal dunia, 146 orang luka-luka, dan lebih dari 600 orang terjebak di pegunungan Chike dan Liushishi di Taiwan Timur akibat tanah longsor.

Kerusakan yang cukup serius telah dikonfirmasi di beberapa wilayah. Seperti gedung yang ambruk di Kota Yuli, dengan empat orang yang sempat terjebak di dalam gedung yang berhasil diselamatkan.

Kemudian jembatan Hualien Gaoliao yang hancur dan terbelah menjadi beberapa bagian. Serta enam gerbong yang keluar dari rel di stasiun Dongli, setelah bagian dari kanopi platform itu runtuh.

Sementara gempa juga menyebabkan tanah longsor yang membuat jalan di daerah pegunungan Chike dan Liushishi menjadi terblokir. Tetapi tidak ada korban luka yang dilaporkan, namun petugas penyelamat tengah bekerja untuk membuka kembali jalan tersebut.

Menurut laporan dari biro cuaca, gempa bisa dirasakan di seluruh Taiwan. Bangunan berguncang sebentar di ibu kota Taipei, dan gempa susulan terus mengguncang pulau itu. Taiwan yang terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik ini membuatnya rentan dilanda gempa bumi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA