Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Operasi Kontra-Terorisme Somalia Berhasil Bunuh 75 Pemberontak Al-Shabab di Hiran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 21 September 2022, 06:55 WIB
Operasi Kontra-Terorisme Somalia Berhasil Bunuh 75 Pemberontak Al-Shabab di Hiran
Pemberontak Al-Shabab/Net
rmol news logo Upaya pemerintah Somalia untuk memberantas kelompok teroris Al-Shabab kembali menuai kesuksesan setelah 75 orang militan dilaporkan terbunuh dalam operasi kontra-terorisme.

Seperti dimuat Anadolu News pada Selasa (20/9), seorang pejabat militer yang tak ingin disebut namanya menyatakan operasi militer yang dilaksanakan pada Senin (19/9) itu digelar di Provinsi Hiran tengah, yang bertujuan untuk membebaskan Desa Yasoman dan menyita senjata dari para teroris.

Kementerian informasi setempat menyatakan hingga hari ini militer Somalia telah membebaskan 30 desa dan membunuh 200 teroris al-Shabab dalam beberapa operasi yang dilancarkan untuk memerangi pemberontakan.

Wilayah Hiran telah menjadi sasaran empuk militan Al-Shabab sejak pemerintah melibatkan para warga di wilayah tersebut untuk ikut berperang melawan gerakan teroris.  

Selama bertahun-tahun negara Somalia terus dibayangi pemberontakan jihadis Al-Shabab yang memicu kerusuhan dan ketidakamanan di wilayah tersebut sejak 2007.

Menurut laporan PBB di Somalia, korban akibat kejahatan teroris Al-Shabab pada tahun 2018, mencapai 651 tewas dan 867 terluka. Kemudian di tahun 2019,  591 tewas dan 868 terluka. Tahun ini, angka korban jiwa naik mencapai 1.518 orang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA