Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Film Kembali Diputar di Srinagar, Setelah Penutupan Bioskop Selama Lebih dari Dua Dekade

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 21 September 2022, 09:00 WIB
Film Kembali Diputar di Srinagar, Setelah Penutupan Bioskop Selama Lebih dari Dua Dekade
Peresmian gedung bioskop di Srinagar/Net
RMOL.  Srinagar, kota terbesar di wilayah Jammu dan Kashmir (J&K), India, akan kembali menayangkan film setelah penutupan bioskop lebih dari dua puluh tahun.

Untuk mendukung rencana yang tersebut, pejabat tinggi Srinagar, Manoj Sinha, pada Selasa (20/9) meresmikan gedung bioskop multiscreen untuk yang pertama kalinya di kota itu.

"Pemerintah berkomitmen untuk mengubah persepsi tentang J&K. Kami tahu orang-orang menginginkan hiburan dan mereka ingin menonton film," katanya dalam acara peresmian bioskop seperti dimuat Reuters.

Bersamaan dengan itu Sinha mengatakan pemerintah federal di bawah PM India, Narendra Modi bertekad untuk membangun peluang ekonomi baru di J&K, meskipun ada risiko keamanan yang tinggi, termasuk protes sipil dan tindakan keras militer.

Selain kota Srinagar, Sinha juga meresmikan dua gedung bioskop di Shopian dan Pulwama, dua dari distrik bekas militansi terburuk di wilayah Kashmir pada masanya.

Rantai multipleks India, Inaox, saat ini sedang membangun aula bioskop dengan 520 kursi dan tiga layar di Srinagar. Masyarakat sekitar akan mulai menikmati sajian film pada dua bulan mendatang  mengikuti proses pembangunan yang tengah berlangsung.  

Aula bioskop Srinagar terakhir ditutup pada 1999. Kota ini memiliki lebih dari 12 ruang bioskop layar tunggal yang beroperasi. Tetapi mayoritas terpaksa ditutup setelah peringatan dari kelompok militan dan separatis di Kashmir.  
 
Wilayah lembah Kashmir adalah salah satu daerah yang paling termiliterisasi di dunia, di mana gerilyawan telah mengobarkan perang selama puluhan tahun untuk melawan pemerintahan India dan menewaskan lebih dari puluhan ribu orang.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA