Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Ethiopia Hentikan Kontrak dengan Perusahaan Minyak China

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 22 September 2022, 07:49 WIB
Ethiopia Hentikan Kontrak dengan Perusahaan Minyak China
Ilustrasi/Net
Pemerintah Ethiopia secara resmi membatalkan kontraknya dengan perusahaan China Poly-GCL yang mengeksplorasi minyak dan gas di negara itu sejak 2013.

Menteri Pertambangan dan Perminyakan Ethiopia, Takele Uma, mengatakan pada Rabu (21/9) bahwa kesepakatan dengan perusahaan China Poly-GCL dibatalkan karena ketidakmampuan keuangan dan organisasi untuk mengembangkan gas di Cekungan Ogaden, daerah yang kaya sumber daya di Ethiopia timur tersebut.

"Sampai kemarin, kami telah menangguhkan izin mereka untuk eksplorasi dan produksi gas alam dan minyak mentah di Ethiopia," kata Takele kepada wartawan, seperti dikutip dari New Business Ethiopia, Kamis (22/9).

"Alasan pencabutan itu karena Poly GCL belum mampu memenuhi semua pembiayaan yang dibutuhkan, teknologi untuk memulai produksi gas bumi sesuai harapan Pemerintah Ethiopia," ujarnya.

Disebutkan bahwa pada Juni 2018 Poly GCL telah memulai produksi gas uji di sekitar Cekungan Ogaden di bagian Timur Ethiopia.

Pemerintah Ethiopia beberapa minggu lalu juga telah mengumumkan penyelesaian analisis cadangan gas alam oleh perusahaan gabungan AS dan Belanda, di mana pada peluncuran laporan Takele menyatakan kesiapan Pemerintahnya untuk menyambut perusahaan AS yang tertarik mengembangkan gas alam dan minyak mentah Ethiopia.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA