Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bantah Tuduhan AS, Korut Nyatakan Tak Pernah Kirim Senjata ke Rusia

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 22 September 2022, 11:38 WIB
Bantah Tuduhan AS, Korut Nyatakan Tak Pernah Kirim Senjata ke Rusia
Ilustrasi/Net
RMOL.  Tuduhan Amerika Serikat dan negara barat lainnya terkait suplai senjata Korea Utara (Korut)  ke Rusia di hadapan Dewan Keamanan PBB mengundang respon ketidaksukaan dari Pyongyang.

Seperti dikutip dari kantor berita resmi KCNA pada Kamis (22/9), Korut menegaskan negaranya tidak pernah mengirimkan pasokan senjata untuk perang Rusia, dan tidak juga berniat melakukan hal tersebut.  

"Kami belum pernah mengekspor senjata atau amunisi ke Rusia sebelumnya dan kami  tidak akan berencana mengekspornya," ungkap Wakil Direktur Jendral Korut yang tidak mau disebutkan namanya.

Ia juga memperingatkan AS untuk segera tutup mulut dan berhenti menyebarkan desas-desus yang bertujuan menodai citra dari negara komunis itu.  

Sementara itu, hubungan Korut dan Rusia yang cukup dekat, sangat mungkin menimbulkan stigma negatif dari negara-negara rival mereka, khususnya AS yang kerap melemparkan tuduhan negatif terhadap kerjasama dua negara otoriter tersebut.

Terlebih saat bulan lalu,  ketika Putin menyatakan kepada Kim Jong Un bahwa keduanya akan memperluas hubungan bilateral yang komprehensif dan konstruktif.

Kim juga menanggapi dengan mengirim surat balasan kepada Putin yang menyatakan dukungan, kerja sama dan solidaritas strategis serta taktis yang akan kedua negara lakukan untuk menghadapi musuh bersama. 
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA