Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Korsel-Jepang Sepakat Perkuat Hubungan, Cari Solusi Persoalan Masa Lalu

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 22 September 2022, 15:32 WIB
Korsel-Jepang Sepakat Perkuat Hubungan, Cari Solusi Persoalan Masa Lalu
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol/Net
Korea Selatan dan Jepang menggelar pertemuan tingkat tinggi untuk pertama kalinya sejak 2019. Kedua pemimpin sepakat untuk meningkatkan hubungan dengan menyelesaikan persoalan sejarah.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida melakukan pertemuan di sela-sela Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat pada Rabu (21/9).

Tetapi, baik Korea Selatan maupun Jepang, menyebut pertemuan selama 30 menit itu hanya sebatas pertemuan informal.

"Kedua pemimpin sepakat bahwa dibutuhkan upaya untuk meningkatkan hubungan dengan menyelesaikan isu-isu yang telah tertunda, sehingga mereka sepakat untuk mempererat pembicaraan diplomatik di antara kedua belah pihak," kata jurubicara Yoon, Lee Jae-myoung, seperti dimuat Reuters.

Yoon yang menjabat pada Mei lalu telah berusaha meningkatkan hubungan dengan Jepang. Sementara kedua negara kerap bersitegang perihal kolonialisme Jepang di Semenanjung Korea pada 1910-1945.

Lebih lanjut, Lee menuturkan, kedua pemimpin juga berbagi pandangan terkait program nuklir Korea Utara, termasuk aturan dari Pyongyang baru-baru ini yang mengizinkan penggunaan senjata nuklir dan kemungkinan uji coba nuklir.

"Kedua pemimpin menyatakan pentingnya untuk mengembalikan hubungan bilateral dengan resolusi berbagai isu," kata Sekretaris Pers Kementerian Luar Negeri Jepang Hikariko Ono.

Ia mengatakan, Yoon dan Kishida sepakat untuk mengembangkan hubungan berbasis persahabatan.

Yoon dan Kishida pertama kali bertemu setelah keduanya dilantik selama KTT NATO di Madrid pada Juni. Mereka juga melakukan pertemuan trilateral dengan Presiden AS Joe Biden.

ARTIKEL LAINNYA