Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Australia Desak China Pakai Pengaruhnya untuk Hentikan Perang Rusia Vs Ukraina

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 23 September 2022, 15:51 WIB
Australia Desak China Pakai Pengaruhnya untuk Hentikan Perang Rusia Vs Ukraina
Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi/Net
Australia mendesak China untuk menggunakan pengaruhnya dalam mengakhiri perang Rusia di Ukraina. Terlebih China juga merupakan bagian dari anggota permanen Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) atau yang dikenal sebagai P5.

Begitu yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong ketika bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di sela-sela Sidang Majelis Umum ke-77 PBB di New York, Amerika Serikat pada Kamis (22/9).

"Kami mendorong China sebagai anggota P5 dengan tanggung jawab khusus untuk menegakkan Piagam PBB dan menggunakan pengaruhnya untuk mengakhiri perang," kata Wong, seperti dimuat ABC News.

Wong mengatakan, sebagai negara yang menandatangani Piagam PBB, China perlu menyadari bahwa invasi Rusia ke Ukraina telah melanggar aturan.

"Kami percaya, seperti halnya setiap negara kecuali Rusia, bahwa Rusia melanggar Piagam PBB dengan invasi ilegal ke Ukraina," lanjutnya.

Sementara itu, jurubicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan posisi Beijing atas perang Rusia dan Ukraina sudah jelas dan konsisten.

"Kami menyerukan kepada pihak-pihak terkait untuk menyelesaikan masalah ini melalui dialog dan negosiasi, serta menemukan solusi yang dapat mengakomodasi semua masalah keamanan," ucapnya.

Sejauh ini, China belum secara resmi mendukung atau mengecam Rusia atas invasinya ke Ukraina. Tetapi Beijing tetap membeli minyak dan gas alam dari Rusia.

ARTIKEL LAINNYA