Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Di Tengah Banyaknya Konflik, Menlu Retno Minta Dunia Tak Lupakan Krisis Rohingya

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 23 September 2022, 18:13 WIB
Di Tengah Banyaknya Konflik, Menlu Retno Minta Dunia Tak Lupakan Krisis Rohingya
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi/Net
Di tengah berbagai konflik yang melanda di seluruh dunia, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyerukan kepada komunitas internasional untuk tidak melupakan krisis yang dihadapi oleh Rohingya.

Berbicara dalam High-Level Side Event on "Rohingya Crisis" di New York, Amerika Serikat pada Kamis (22/9), Menlu Retno mengajak seluruh komunitas Internasional untuk bersama-sama memberikan perhatian penuh pada krisis Rohingya.

"Tugas kita bersama adalah untuk memastikan bahwa dunia internasional tetap memberikan perhatian bagi Rohingya," kata Retno, seperti dikutip dari keterangan Kemlu RI pada Jumat (23/9).

Lebih lanjut, Retno menyoroti tiga hal utama yang perlu dilakukan masyarakat Internasional dalam mendukung Rohingya.

Pertama adalah menciptakan situasi yang kondusif bagi kepulangan masyarakat Rohingya. Kedua, memastikan perlindungan keamanan dan keselamatan masyarakat Rohingya di Cox's Bazaar, Bangladesh. Serta yang terakhir adalah mendorong perdamaian dan rekonsiliasi nasional di Myanmar.

Menurut Retno, ASEAN dapat memainkan peran penting untuk dapat mengembalikan perdamaian dan stabilitas anggotanya, yaitu Myanmar.

Dalam hal ini, Indonesia akan terus berkomitmen untuk mencari solusi yang berkelanjutan bagi penanganan isu Rohingya melalui kerjasama dengan seluruh komunitas Internasional, agar konflik ini dapat segera diselesaikan.

ARTIKEL LAINNYA