Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Kapal Induk Nuklir AS Tiba di Korsel, Siap Bendung Kekuatan Korut

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 23 September 2022, 18:44 WIB
Kapal Induk Nuklir AS Tiba di Korsel, Siap Bendung Kekuatan Korut
Kapal induk AS, USS Ronald Reagan/Net
Amerika Serikat (AS) kembali mengerahkan kapal induk ke Korea Selatan menjelang latihan militer bersama, yang disebut-sebut untuk membendung ancaman senjata nuklir Korea Utara.

Kapal induk USS Ronald Reagan bertenaga nuklir bersama kapal penjelajah rudal USS Chancellorsville dan kapal perusak rudal USS Barry dilaporkan telah berlabuh di selatan Busan pada Jumat (23/9).

"Pengerahan kapal induk USS Ronald Reagan menunjukkan kekuatan aliansi Korsel-AS untuk mencegah ancaman nuklir dan rudal Korea Utara," kata Kementerian Pertahanan Korea Selatan, seperti dimuat The Defense Post.

Menurut Yonhap, kapal-kapal itu akan ambil bagian dalam latihan militer bersama di pantai timur Korea Selatan pada bulan ini. Selain itu, kapal selam bertenaga nuklir USS Annapolis juga diperkirakan akan ikut berpartisipasi.

Pengerahan kapal induk dan gelaran latihan militer AS dan Korea Selatan dilakukan ketika Pyongyang bersiap melakukan uji coba nuklir dan rudal besar-besaran.

AS merupakan sekutu Korea Selatan. Sebanyak 28.500 tentara AS saat ini ditempatkan di negeri ginseng untuk membantu Seoul menghadapi ketegangan dengan Pyongyang.

AS dan Korea Selatan kerap menggelar latihan militer rutin sejak 2018, meski sempat terhenti selama pandemi Covid-19.

ARTIKEL LAINNYA