Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Akui China Punya Kekuatan Besar, Menlu Australia Minta Beijing Bantu Akhiri Perang Rusia-Ukraina

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 24 September 2022, 06:26 WIB
Akui China Punya Kekuatan Besar, Menlu Australia Minta Beijing Bantu Akhiri Perang Rusia-Ukraina
Ilustrasi/Net
Sidang Umum PBB yang digelar di New York dimanfaatkan Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong untuk bertemu dengan timpalannya dari China, Wang Yi pada Kamis (22/9) waktu setempat.

Sejumlah masalah termasuk Taiwan dan perang Ukraina dibahas dalam pertemuan yang disebut Wong sebagai 'pertemuan yang konstruktif'.

"Kepentingan Australia tetap dan pemerintah akan terus berbicara mengenai isu-isu yang kami yakini perlu," katanya, seperti dikutip dari 9News, Jumat (23/9).

Wong juga mengatakan Australia akan terus mendesak China agar menggunakan pengaruhnya untuk mengakhiri perang di Ukraina. Posisi China di PBB dan komunitas internasional membuat Beijing sangat penting untuk mengatasi konflik tersebut.

Wong  mengatakan,  China is a great power.

"Sebagai kekuatan besar, Anggota Tetap Dewan Keamanan, dan dengan kemitraan yang tanpa batas dengan Rusia, China bisa menggunakan pengaruhnya atas Rusia untuk mengakhiri perang di Ukraina," katanya.

Wong juga membahas embargo perdagangan China pada barang-barang Australia, serta masalah hak asasi manusia dengan Wang Yi.

"Australia akan terus terlibat dengan China, dan bahwa hubungan yang lebih baik akan membutuhkan keterlibatan berkelanjutan dan niat baik di kedua belah pihak," kata Wong.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA