Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bantu Mediasi Pertukaran Tahanan, Putin dan Zelensky Berterima Kasih kepada Pangeran Arab Saudi

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 24 September 2022, 07:30 WIB
Bantu Mediasi Pertukaran Tahanan, Putin dan Zelensky Berterima Kasih kepada Pangeran Arab Saudi
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
Ungkapan terima kasih disampaikan Presiden Rusia Vladimir Putin atas peran Kerajaan Arab Saudi karena telah membantu melakukan mediasi pembebasan 10 tawanan perang yang ditangkap di Ukraina.

Kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA) melaporkan pada Jumat (23/9), bahwa ucapan terima kasih itu disampaikan saat keduanya melakukan panggilan telepon.

"Pada  Kamis, Putra Mahkota Mohammed bin Salman melakukan panggilan telepon ke Putin, di mana Presiden Rusia berterima kasih kepada Putra Mahkota atas kontribusinya yang aktif dan terhormat terhadap keberhasilan pertukaran tahanan," lapor SPA.

Presiden Putin juga memuji aksesi Kerajaan - sebagai mitra dialog - ke Organisasi Kerjasama Shanghai, sementara aspek kerja sama antara kedua negara dan cara untuk meningkatkannya.

Sehari sebelumnya, Riyadh mengumumkan bahwa Putra Mahkota membantu memfasilitasi pembebasan sepuluh tahanan dari lima negara dalam pertukaran tahanan perang antara Rusia dan Ukraina.

Kementerian Luar Negeri Saudi. mengatakan bahwa tawanan perang, yang merupakan warga negara Maroko, AS, Inggris, Swedia dan Kroasia, dibebaskan sebagai bagian dari pertukaran antara Rusia dan Ukraina.

“Pihak berwenang Saudi yang relevan menerima dan memindahkan mereka dari Rusia ke Kerajaan dan memfasilitasi prosedur untuk pengembalian mereka yang aman ke negara masing-masing,” kata kementerian saat itu.

Putra Mahkota juga menegaskan kesiapan Kerajaan untuk mendukung semua upaya yang bertujuan mencapai solusi politik untuk krisis Rusia-Ukraina.

Di hari yang sama, Putra Mahkota juga melakukan panggilan telepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang juga berterima kasih kepada Arab Saudi atas mediasinya dalam pertukaran tahanan.

“Melakukan percakapan ramah dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman," cuit Zelensky .

"Terima kasih untuk fasilitasi dalam pembebasan warga negara asing, keterlibatan dalam mediasi dan peran utama Arab Saudi di wilayah tersebut," lanjutnya.

“Kami membahas keamanan energi Ukraina, pemulihan pasca perang dan proyek investasi bersama," demikian Zelensky.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA