Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Jelang Kunjungan Kamala Haris, Militer Korsel Deteksi Persiapan Uji Coba Rudal Balistik Korut

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 25 September 2022, 07:24 WIB
Jelang Kunjungan Kamala Haris, Militer Korsel Deteksi Persiapan Uji Coba Rudal Balistik Korut
Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris/Net
Militer Korea Selatan mendeteksi persiapan Korea Utara untuk melakukan uji coba rudal balistik, beberapa hari sebelum rencana kedatangan Wakil Presiden AS, Kamala Harris ke Seoul pada Kamis (29/9) mendatang.

Menurut sumber militer Korea Selayan, pihaknya pada pekan ini menemukan tanda-tanda uji coba submarine-launched ballistic missile (SLBM) di Sinpo, Provinsi Hamgyong Selatan, Korea Utara.

Seperti dikutip dari Yonhap News pada Sabtu (24/9), indikasi tersebut didukung dengan laporan think tank yang berbasis di AS pada minggu ini yang merujuk pada citra satelit komersial yang ada.

Kantor kepresidenan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan juga mengkonfirmasi dugaan uji coba rudal SLBM dan telah diketahui oleh Presiden Yoon Suk-yeol yang menyebutnya sebagai tindakan provokasi lanjutan oleh Korea Utara.

Dimuat Associated Press, pekan depan Wakil Presiden AS, Kamala Harris dijadwalkan akan melakukan perjalanan ke Korea Selatan untuk menegaskan kembali komitmen negaranya terhadap Seoul.

Sebelum menginjakkan kaki ke negeri gingseng itu, Harris terlebih dahulu mengunjungi Jepang pada Senin (26/9) untuk menghadiri pemakaman mantan PM, Shinzo Abe dan bertemu dengan PM Australia, Anthony Albanese dan PM Korsel, Han Duck-soo pada Selasa (27/9). Kemudian bertandang ke Seoul pada Kamis (29/9).

ARTIKEL LAINNYA