Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Diduga Sebagai Dalang Kerusuhan Protes Mahsa Amini, Militan Kurdi di Irak Disasar Serangan Artileri Iran

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 25 September 2022, 08:51 WIB
Diduga Sebagai Dalang Kerusuhan Protes Mahsa Amini, Militan Kurdi di Irak Disasar Serangan Artileri Iran
Ilustrasi/Net
  Republik Islam Iran belakangan menjadi sorotan dunia setelah kematian Mahsa Amini saat menjalani hukuman moral, disusul dengan aksi protes besar-besaran warga yang marah dengan berita tersebut.

Iran menyalahkan pembangkang bersenjata Kurdi Iran yang diduga kuat terlibat dalam kerusuhan yang sedang berlangsung di negara itu, khususnya protes besar Mahsa Amini di wilayah barat laut, tempat 10 juta warga Kurdi tinggal.

Pemerintah kemudian mengambil tindakan dengan memerintahkan pasukan pengawal negara untuk melancarkan serangan artileri ke pangkalan oposisi militan Iran Kurdi di Irak utara pada Sabtu (24/9).

"Markas besar teroris anti-Iran yang berbasis di Irak utara menjadi sasaran Garda Iran dalam sebuah operasi," kata laporan televisi resmi milik pemerintah seperti dimuat US News.

Dalam siaran langsung di televisi tersebut, pasukan garda Iran menyebut operasi militer akan terus berlanjut untuk memastikan keamanan perbatasan dengan menghukum pemberontak dan meminta pejabat di wilayah Kurdi untuk patuh pada hukum internasional yang berlaku.

Teheran kerap kali bentrok dengan kelompok pemberontak Kurdi di daerah perbatasan terpencil dan pegunungan Kurdistan Irak.

Ini juga kemudian yang mendorong Republik Islam untuk semakin kuat menekan pemerintah regional Kurdi agar bisa menghentikan gerakan militan yang melawan otoritasnya.

ARTIKEL LAINNYA