Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Temui Putra Mahkota Arab Saudi, Kanselir Jerman Mulai Perburuan Energi di Negara Teluk

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 25 September 2022, 10:48 WIB
Temui Putra Mahkota Arab Saudi, Kanselir Jerman Mulai Perburuan Energi di Negara Teluk
Kanselir Jerman Olaf Scholz dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman/Net
Jerman tengah berupaya mencari sumber energi baru setelah pemasok gas utama Rusia memangkas pengiriman dalam jumlah besar yang menyebabkan krisis energi di banyak negara Eropa.  

Jerman telah menargetkan negara-negara teluk di Asia Barat sebagai tujuan awal pencarian energi baru, melihat potensi kerjasama dan melimpahnya cadangan energi di kawasan tersebut.

Kanselir Jerman, Olaf Scholz tiba di Arab Saudi pada Sabtu (24/9) untuk melangsungkan tur di wilayah teluk selama dua hari kedepan, dengan harapan dapat menandatangani kesepakatan energi baru dengan negara yang sering dikritik atas pelanggaran HAM tersebut.  

Seperti dimuat Middle East Eye, kedatangan Scholz bersama delegasi industri energi Jerman disambut baik oleh oleh gubernur Mekah, Pangeran Khalid bin Faisal Al Saud di bandara Jeddah, pantai Laut Merah.

Kanselir Jerman itu kemudian bertemu dengan penguasa de facto Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan mengungkapkan maksud kunjungannya untuk memperdalam kemitraan energi dengan kerajaan.

"Arab Saudi sangat penting bagi Jerman sebagai pemasok bahan bakar fosil. Sehingga dibutuhkam kerjasama yang solid dengan putra mahkota. Kami harap, kemitraan juga berlanjut dengan memasukkan hidrogen dan energi terbarukan dalam perjanjian baru berikutnya," ujarnya.   

Dalam rencana tur tersebut, Kanselir Jerman juga dijadwalkan untuk bertemu dengan sekelompok wanita Saudi sebelum menuju ke Uni Emirat Arab (UEA) pada Sabtu malam (24/9) dan kemudian ke Qatar pada Minggu (25/9).

ARTIKEL LAINNYA