Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Krisis Tenaga Kerja, PM Inggris Liz Truss Akan Rombak Sistem Imigrasi

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 26 September 2022, 13:36 WIB
Krisis Tenaga Kerja, PM Inggris Liz Truss Akan Rombak Sistem Imigrasi
Perdana Menteri Inggris Liz Truss/Net
Pertumbuhan ekonomi Inggris semakin terancam lantaran kurangnya tenaga kerja yang memburuk. Untuk itu, Perdana Menteri Liz Truss berencana untuk meninjau sistem imigrasi.

Dimuat The Financial Times pada Minggu (25/9), Truss berencana merombak sistem imigrasi Inggris. Dengan perombakan tersebut, maka industri-industri tertentu dapat mengimpor staf dari luar negeri, yang biasanya berasal dari Uni Eropa.

Truss juga kemungkinan akan merombak aturan dengan melonggaran persyaratan berbicara Bahasa Inggris untuk beberapa sektor guna menarik lebih banyak pekerja asing.

Rencana Truss ini dinilai kurang populer, terlebih ia juga harus menghadapi rekan-rekan di kabinetnya yang anti-imigrasi.

Namun selama perjalanan ke New York pada pekan lalu, Truss menyatakan kesiapannya untuk menghadapi tantangan tersebut. Ia menegaskan pemerintahannya akan berusaha merangsang pertumbuhan ekonomi.

Menteri Keuangan Inggris Kwasi Kwarteng mengatakan pemerintah akan mengeluarkan pembaruan terkait rencana terkait hal tersebut.

"Ini bukan tentang aturan yang melonggarkan. Inti dari perdebatan Brexit jika kita ingin turun di sana adalah kita perlu mengontrol imigrasi dalam cara yang berhasil untuk Inggris,” jelasnya.

ARTIKEL LAINNYA