Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Direkrut dari Penjara, Bos Geng Kriminal Rusia Tewas dalam Perang Ukraina

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 26 September 2022, 14:08 WIB
Direkrut dari Penjara, Bos Geng Kriminal Rusia Tewas dalam Perang Ukraina
Pemakaman Igor Kusk yang tewas selama perang di Ukraina/Net
Seorang pemimpin geng kriminal di Rusia yang tengah menjalani hukuman 23 tahun penjara, dilaporkan tewas dalam perang Ukraina setelah dirinya direkrut Kremlin untuk menambah jumlah pasukan.

Pemimpin kelompok kejahatan di Tatarstan, Igor Kusk dipenjarakan oleh rezim Rusia dengan pengawasan yang ketat setelah dinyatakan bersalah atas berbagai kejahatan, termasuk kasus pembunuhan tahun 2015.

Menurut istrinya, Irina, Kusk yang ada di penjara mengirimkan surat kepada pemimpin Chechnya, Ramzan Kadyrov dan menyatakan diri ingin bergabung dalam pertempuran di Ukraina.

Kemudian permintaan tersebut diterima dan Kusk dijemput langsung oleh seoang perwakilan dari kelompok paramiliter Wagner untuk dikirim ke pertempuran pada 25 Juli lalu.

Irina menyebut suaminya meninggal pada 6 September dalam pertempuran di wilayah Bakhmut, Donbas karena cedera di kepala akibat pecahan peluru.

Kusk yang berusia 55 tahun, digambarkan istrinya sebagai sosok pemberani dan pernah bertugas dalam Perang Soviet-Afghanistan.

Sejumlah foto menunjukkan bahwa pemakaman Kusk di sebuah desa dekat Kazan dihiasi dengan karangan bunga besar dan dihadiri oleh ratusan pelayat, termasuk pejabat setempat.

Meski dikenal sebagai bos geng kriminal, namun pemakaman Kusk mendapatkan apresiasi negara. Pria berseragam militer yang menembakkan tiga tembakan ke udara sebagai tanda penghormatan terakhir.

Melalui sebuah video yang muncul baru-baru ini, Kepala Kelompok Paramiliter Wagner, Yevgeny Prigozhin telah merekrut orang-orang di penjara Rusia untuk berperang di Ukraina.

Prigozhin menjanjikan mereka kebebasan jika bersedia untuk bertugas selama enam bulan. Tetapi jika mereka mencoba kabur dalam perang, maka pihaknya tidak segan untuk membunuh.

ARTIKEL LAINNYA