Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teheran Tuding AS Campur Tangan atas Kerusuhan di Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 27 September 2022, 06:33 WIB
Teheran Tuding AS Campur Tangan atas Kerusuhan di Iran
Aksi protes di Iran yang dipicu oleh kematian seorang wanita muda Kurdi, Mahsa Amini/Net
rmol news logo Aksi protes yang berbuntut kerusuhan besar di Iran belum menunjukkan tanda-tanda mereda setelah hampir satu minggu

Iran menuduh beberapa kelompok Kurdi terlibat dalam protes anti-pemerintah di Iran serta ada pengiriman senjata ke pengunjuk rasa di wilayah Kurdi, seperti yang disampaikan Menteri Dalam Negeri Iran, Ahmad Wahidi, baru-baru ini.  

Lebih jauh lagi, Kementerian Luar Negeri Iram dalam pernyataannya pada Senin (26/9) menuding Amerika Serikat berada di balik peristiwa ini dalam upaya melanggar kedaulatan Iran atas masalah protes yang sedang berlangsung.  Kementerian berjanji untuk menanggapi upaya AS tersebut, seperti dilaporkan oleh Reuters.

"Washington selalu berusaha melemahkan stabilitas dan keamanan Iran meskipun tidak berhasil," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani, menambahkan bahwa AS lagi-lagi berusaha mengacaukan Republik Islam.

Iran telah diguncang oleh demonstrasi nasional yang dipicu oleh kematian wanita Kurdi berusia 22 tahun Mahsa Amini, setelah dia ditahan oleh polisi moral yang menegakkan pembatasan Republik Islam pada pakaian wanita. Ini adalah  protes terbesar sejak 2019 dengan banyak orang yang tewas dan ribuan lainnya ditangkap.

Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri, Josep Borrell mengutuk kekerasan yang terjadi di Iran,  mengatakan bahwa penggunaan kekuatan yang meluas dan tidak proporsional terhadap pengunjuk rasa  tidak dapat dibenarkan dan tidak dapat diterima.

Di halaman Instagram-nya, Kanaani menuduh para pemimpin Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa menyalahgunakan insiden tragis untuk mendukung "perusuh".  rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA