Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Perang Rusia-Ukraina: Putin Kemungkinan akan Melanjutkan Pembicaraan dengan Zelensky

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 27 September 2022, 06:52 WIB
Perang Rusia-Ukraina: Putin Kemungkinan akan Melanjutkan Pembicaraan dengan Zelensky
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
Proses dialog untuk mengakhiri perang Rusia dan Ukraina terus diupayakan sejumlah pihak. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan pembicaraan dengan Ukraina.

Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada Senin (26/9), selama konferensi pers di Tokyo di mana dia menghadiri pemakaman mantan perdana menteri Shinzo Abe, yang dibunuh pada bulan Juli.

Menurut Cavusoglu, Putin melontarkan gagasan itu selama percakapan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) baru-baru ini di Samarkand, Uzbekistan.

"Dalam proses negosiasi dengan presiden kami, Putin mengumumkan kemungkinan untuk kembali bernegosiasi dengan Kyiv, sesuai dengan kondisi terbaru,"  kata Cavusoglu seperti dikutip dari RT, tanpa merinci apa yang dimaksud dengan 'kondisi terbaru'.

Cavusoglu juga menegaskan kembali keinginan Ankara untuk mengadakan pembicaraan langsung antara Putin dan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky.

“Presiden kami akan melanjutkan kontaknya dengan Putin dan Zelensky. Tujuan kami adalah menyatukan kedua pemimpin untuk memastikan bahwa keputusan dibuat di tingkat para pemimpin,” kata Cavusoglu.

Pejabat tinggi Rusia telah berulang kali mengatakan Moskow telah siap untuk melakukan pembicaraan dengan Kyiv, namun mengklaim selalu ada kendala di pihak Ukraina.

Pekan lalu, Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan perlunya dialog. Sejauh ini Rusia selalu berupaya melakukan pembicaraan,   tetapi pihak Ukraina telah meninggalkan negosiasi sejak beberapa bulan lalu.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA