Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Gas Pipa Nord Stream 2 Milik Rusia Bocor ke Laut Baltik

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 27 September 2022, 08:19 WIB
Gas Pipa Nord Stream 2 Milik Rusia Bocor ke Laut Baltik
Ilustrasi/Net
Kapal-kapal milik Denmark diimbau untuk menghindari radius lima mil laut dari pulau Bornholm setelah kebocoran gas dari pipa Nord Stream 2 milik Rusia yang sudah tidak berfungsi di Laut Baltik pada Senin (26/9).

Menurut operator Nord Stream 2, meskipun tidak pernah beroperasi,  tekanan gas dalam pipa yang telah disegel tiba-tiba turun dari 105 menjadi tujuh bar dalam semalam.

Pemerintah Jerman mengatakan telah melakukan kontak dengan pihak berwenang Denmark dan penegak hukum setempat untuk mencari tahu apa yang menyebabkan tekanan pada pipa turun secara tiba-tiba.  

"Kami sedang melakukan kontak dengan pihak berwenang terkait untuk mengklarifikasi situasi. Kami masih belum memiliki kejelasan tentang penyebab dan fakta yang sebenarnya," kata Kementerian Ekonomi Jerman, seperti dimuat RNZ News.

Sementara itu, otoritas maritim Denmark telah mengeluarkan peringatan navigasi dan menetapkan zona batas aman di sekitar pipa Nord Stream 2 yang berlokasi sangat dekat dengan negara tersebut.

Negara-negara Eropa menolak seruan Rusia untuk mengizinkan kembali operasi pipa Nord Stream 2 dan menuduh Moskow menggunakan energi sebagai senjata untuk perang.  

Pipa Nord Stream 2 juga tidak begitu populer di kalangan anggota parlemen Denmark. Bahkan pada tahun 2017, negara itu mengeluarkan undang-undang yang melarang proyek Nord Stream 2 melewati perairan teritorialnya dengan alasan keamanan.

Namun Nord Stream 2 kemudian mengubah rute asli dan mengarahkannya melalui zona ekonomi eksklusif Denmark, tempat di mana larangan tersebut tidak dapat diterapkan.

ARTIKEL LAINNYA