Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tujuh Tahun Ditutup, Kolombia dan Venezuela Kembali Buka Perbatasan

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 27 September 2022, 08:37 WIB
Tujuh Tahun Ditutup,  Kolombia dan Venezuela Kembali Buka Perbatasan
Perbatasan Kolombia-Venezuela/Net
RMOL.  Perbatasan antara negara Kolimbia dan Venezuaela resmi dibuka kembali untuk pertama kalinya sejak penutupan tujuh tahun lalu karena hubungan diplomatik yang buruk.

Menurut Menteri Perdagangan, Industri, dan Pariwisata Kolombia, German Umaa, pembukaan perbatasan yang berlangsung pada Senin (26/9) akan menjadi momen reuni yang indah antara orang-orang Tachira di Venezuela dan dan orang-orang Norte de Santander di Kolombia.

"Pembukaan resmi perbatasan akan berlangsung sekitar pukul 9 pagi waktu setempat. Lagu kebangsaan kedua negara dinyanyikan terlebih dahulu, dengan kehadiran pejabat dari kedua pemerintah," katanya.

Dimuat The Rio Times, alasan normalisasi perbatasan tersebut dilakukan setelah kedua negara mulai kembali menjalin hubungan diplomatik sejak penangguhan sementara selama tiga tahun.

"Saat ini, Duta Besar Armando Benedetti (Kolombia) dan Felix Plasencia (Venezuela) sudah sepenuhnya aktif. Kami sedang berupaya untuk mengaktifkan kembali konsulat," ujar pihak berwenang.

Sejak Gustavo Petro memenangkan pemilihan presiden pada Juni lalu, hubungan diplomatik dengan Venezuela berangsur membaik sesuai dengan komitmennya untuk melakukan itu.

Sebuah komisi untuk kelanjutan normalisasi kedua negara juga telah terbentuk setelah Menteri Pertahanan Kolombia Ivan Velasquez bertemu dengan mitranya dari Venezuela, Jenderal Vladimir Padrino pada Minggu (25/9).
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA