Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Perdana Menteri Kuba Manuel Marrero Hadiri Upacara Pemakaman Shinzo Abe di Tokyo

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 27 September 2022, 11:10 WIB
Perdana Menteri Kuba Manuel Marrero Hadiri Upacara Pemakaman Shinzo Abe di Tokyo
Perdana Menteri Kuba Manuel Marrero/Net
Sejumlah petinggi negara telah tiba di Jepang untuk menghadiri upacara pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, termasuk Perdana Menteri Kuba Manuel Marrero yang tiba pada Senin (26/9) waktu Tokyo.

Marrero, yang juga anggota Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis Kuba, disambut di Bandara Haneda oleh Duta Besar Miguel Angel Ramirez.

Upacara peringatan akan berlangsung pada Selasa (27/9) di aula Nippon Budokan di Tokyo, yang akan dihadiri oleh sekitar 4.300 orang, termasuk perwakilan lebih dari 200 negara dan organisasi internasional.

Hubungan Kuba-Jepang menguat sejak Abe mengunjungi Kuba pada 2016. Abe adalah kepala pemerintahan Jepang pertama yang mengunjungi negara itu.

Kehadirannya di negara Karibia itu membuka babak baru dalam hubungan diplomatik kedua negara.

Presiden Kuba Miguel Díaz-Canel bahkan menetapkan hari berkabung resmi menyusul kematian Abe pada 8 Juli lalu.

"Selama tiga hari tinggal di Tokyo, Marrero juga akan menyelesaikan agenda bilateral," kata Kementerian Luar Negeri Kuba, seperti dikutip dari Prensa Latina, Selasa (27/9).

Usai mengunjungi Kuba, Marrero kemudian akan melanjutkan perjalanannya ke Vietnam, Laos dan Kamboja sebagai bagian dari tur pertamanya di Indocina sebagai Perdana Menteri.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA