Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dalam Misi Menyelamatkan Bumi, Pesawat Antariksa NASA Berhasil Tabrak Asteroid

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 27 September 2022, 16:12 WIB
Dalam Misi Menyelamatkan Bumi, Pesawat Antariksa NASA Berhasil Tabrak Asteroid
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pesawat ruang angkasa milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berhasil menabrakkan asteroid dengan kecepatan tinggi dalam misi uji coba pertamanya yang bertujuan untuk menyelamatkan bumi di masa depan.

Siaran langsung yang dilakukan oleh NASA pada Senin malam (27/9) menunjukkan kepada dunia uji pertahanan planet jika asteroid menuju jalur tabrakan dengan planet kita di masa mendatang.

Seperti dimuat Anadolu Agency, pesawat antariksa bernama DART berhasil menabrakkan batu luar angkasa dengan kecepatan 24.140 kilometer per jam. Kecelakaan yang disengaja ini telah direncanakan selama tujuh tahun lamanya oleh NASA, yang telah lama mencari cara untuk melihat apakah asteroid dapat secara manual dibelokkan serta dijauhkan dari bumi, untuk mencegah dampak yang berpotensi menimbulkan bencana di bumi.

Misi DART diluncurkan pada November tahun lalu dari Vandenberg Space Force Base di California. Misi ini mengendalikan pesawat ruang angkasanya untuk diarahkan ke target asteroid yang disebut Dimorphos, yang berjarak 10,5 juta kilometer jauhnya dari bumi.

"Ini adalah demonstrasi teknologi yang sangat sulit yang menghantam asteroid kecil, yang belum pernah kami lihat sebelumnya, dan (kami) melakukannya dengan cara yang spektakuler," kata ilmuwan pemimpin DART Nancy Chabot yang bersemangat, ketika pesawat ruang angkasa itu berhasil menabrak asteroid.

Kini para ilmuwan akan mengambil data yang direkam dari teleskop yang merekam kecelakaan tersebut, untuk melihat perbedaan dari dampak yang dibuat dalam membelokkan lintasan asteroid.

Menurut NASA, tidak ada asteroid yang diketahui lebih besar bentuknya dari 137 meter, yang memiliki peluang signifikan untuk menabrak Bumi selama 100 tahun ke depan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA