Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Swedia Peringatkan Kebocoran Gas dari Pipa Nord Stream 1

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 27 September 2022, 18:16 WIB
Swedia Peringatkan Kebocoran Gas dari Pipa Nord Stream 1
Pipa Nord Stream 1/Net
Hanya selang beberapa minggu setelah kebocoran pipa gas Nord Stream 2 milik Rusia, otoritas maritim Swedia mengeluarkan peringatan baru tentang adanya 2 kebocoran pada pipa Nord Stream 1 yang terletak di perairan Swedia dan Denmark.

"Ada dua kebocoran di Nord Stream 1. Satu ada di zona ekonomi Swedia dan satu di zona ekonomi Denmark. Lokasi kebocoran sangat dekat satu sama lain," kata Juru Bicara Administrasi Maritim Swedia (SMA) seperti dimuat Reuters pada Selasa (27/9).

Jubir menyatakan sumber kebocoran masih belum dapat diidentifikasi, namun pihaknya akan terus mengawasi dan memastikan tidak ada kapal yang datang terlalu dekat dengan lokasi kebocoran.

Pada Senin (26/7), otoritas Denmark meminta kapal-kapal di perairannya menjauh sepanjang  radius lima mil dari laut tenggara Bornholm setelah terjadi kebocoran pada pipa Nord Stream 2, yang sudah tidak berfungsi, di laut Baltik.

Menurut operator Nord Stream 2, meskipun tidak pernah beroperasi,  tekanan gas dalam pipa yang telah disegel itu tiba-tiba turun dari 105 menjadi tujuh bar dalam semalam.

Tak lama dari kejadian itu. operator pipa Nord Stream 1 yang operasi dan kapasitasnya telah dikurangi sejak pertengahan Juni lalu sebelum ditutup sepenuhnya pada bulan Agustus dilaporkan ikut mengalami penurunan tekanan pada kedua jalur pipa gasnya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA