Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diduga Cari Informasi Rahasia, Diplomat Jepang Ditahan Dinas Keamanan Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 27 September 2022, 18:31 WIB
Diduga Cari Informasi Rahasia, Diplomat Jepang Ditahan Dinas Keamanan Rusia
Diplomat Jepang, Motoki Tatsunori/Net
rmol news logo Rusia mengaku telah menahan seorang diplomat asal Jepang yang menetap di kota timur Vladivostok setelah berusaha meminta informasi rahasia yang tidak dapat dijelaskan di muka umum.

Dinas Keamanan Rusia (FSB) menuduh diplomat bernama Motoki Tatsunori asal Jepang tengah mencari informasi tentang dampak sanksi Barat di wilayah Primoriye dan sekitarnya.

“Seorang diplomat Jepang ditahan ketika berusaha menyogok petugas berwenang untuk memberikan informasi tentang kerja sama Rusia dengan negara lain di kawasan Asia-Pasifik,” kata FSB dalam pernyataannya yang dirilis pada Selasa (27/9).

Seperti dimuat US News, Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan bahwa Tatsunori telah di-persona-non-grata dan diperintahkan untuk meninggalkan negara itu dalam waktu 48 jam.

Rusia hingga kini masih menunjukkan sikap bermusuhan terhadap Jepang, khususnya sejak negara sakura itu bergabung dengan negara-negara barat lainnya yang menjatuhkan sanksi atas perang Ukraina.   

Hingga kini, pihak berwenang Jepang atau pun media lokal belum mengomentari lebih lanjut terkait insiden tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA