Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Narendra Modi: Shinzo Abe adalah Pemimpin Hebat yang akan Selalu Hidup di Hati

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 27 September 2022, 23:51 WIB
Narendra Modi: Shinzo Abe adalah Pemimpin Hebat yang akan Selalu Hidup di Hati
Perdana Menteri India Narendra Modi menghadiri pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe/Net
Perdana Menteri India Narendra Modi memuji sosok mendiang mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Ia menyebut Abe sebagai seorang pemimpin yang hebat.

Modi menjadi salah satu di antara sejumlah pemimpin dunia yang menghadiri pemakaman kenegaraan Abe di Tokyo, Jepang pada Selasa (27/9).

"Dia adalah seorang pemimpin besar, individu yang fenomenal dan seseorang yang percaya pada persahabatan India-Jepang. Dia akan hidup di hati jutaan orang!" tulis Modi dalam cuitannya di Twitter, sembari mengunggah foto dirinya yang sedang memberi penghormatan kepada Abe.

Kedekatan Modi dan Abe telah berlangsung sejak lama. Di bawah kepemimpinan Abe, hubungan kemitraan antara India dan Jepang semakin meningkat. Abe bahkan pernah diberi penghargaan "Padma Vibhushan" oleh New Delhi, sebagai penghargaan sipil tertinggi kedua di India, pada tahun 2021 lalu.

Ketika berita kematian Abe pertama kali tersebar, Modi mengaku sangat terpukul. Bahkan ia menyatakan 9 Juli 2022 sebagai hari berkabung nasional di India.

Selain Modi, beberapa pemimpin dunia yang hadir telah memberikan penghormatan terakhirnya untuk mantan perdana menteri terlama Jepang.

Tiba di Tokyo pada Selasa pagi, Modi bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida terlebih dulu untuk menyampaikan belasungkawa.

ARTIKEL LAINNYA