Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Izinkan Ukraina Gunakan Senjata Kiriman Barat untuk Menyerang Wilayah yang Direbut Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 28 September 2022, 07:34 WIB
AS Izinkan Ukraina Gunakan Senjata Kiriman Barat untuk Menyerang Wilayah yang Direbut Rusia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Amerika Serikat memberikan lampu hijau kepada pasukan Ukraina untuk menggunakan senjata yang dipasok Barat untuk menargetkan setiap wilayah yang akan bergabung dengan Rusia.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken menegaskan hal itu pada Selasa (27/9) waktu setempat, dengan alasan bahwa Washington menganggap referendum yang dilakukan di Donetsk, Luhansk, Zaporozhye dan Kherson tidak sah.

"Kami tidak akan pernah mengakui pencaplokan wilayah Ukraina oleh Rusia," kata Blinken pada konferensi pers bersama dengan timpalannya dari India Subrahmanyam Jaishankar di Washington.

“Ukraina memiliki hak mutlak untuk mempertahankan diri di seluruh wilayahnya, termasuk untuk mengambil kembali wilayah yang telah direbut secara ilegal, dengan satu atau lain cara, oleh Rusia. Dan peralatan, senjata yang kami dan banyak negara lain sediakan, telah digunakan dengan sangat efektif untuk melakukan hal itu," ujarnya,  seperti dikutip dari RT, Rabu (28/9).

Blinken menegaskan, Ukraina akan terus melakukan apa yang perlu mereka lakukan untuk mendapatkan kembali tanah yang telah diambil. "Kami akan terus mendukung mereka dalam upaya itu," kata Blinken.

Pada konferensi pers Rabu Blinken juga menuduh Rusia melakukan “skema jahat” untuk mendeportasi atau “menghilangkan” penduduk lokal Ukraina dan mengangkut orang Rusia untuk ikut dalam referendum yang dimanipulasi untuk dianeksasi oleh Moskow.

AS dan sekutunya telah memasok Ukraina dengan berbagai senjata, termasuk artileri tabung dan roket.

Juni lalu, ketika AS pertama kali mengirim artileri roket jarak jauh HIMARS ke Ukraina, Blinken mengatakan dia telah menerima jaminan dari Kyiv bahwa mereka menggunakan senjata itu untuk menyerang melainkan hanya untuk bertahan, dan bahwa dia mempercayai mereka karena ikatan kepercayaan yang kuat.

Pasukan Kyiv sejak itu dilaporkan menggunakan senjata yang dipasok AS untuk menargetkan warga sipil di Donbass, Kherson dan Zaporozhye, yang berada di bawah kendali Rusia. Ukraina juga mengebom Krimea dan kota- kota perbatasan di wilayah Kursk dan Belgorod di Rusia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA