Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Tujuh Kapal Perang China dan Rusia Terpantau Berseliweran di ZEE Amerika Serikat

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 28 September 2022, 08:49 WIB
Tujuh Kapal Perang China dan Rusia Terpantau Berseliweran di ZEE Amerika Serikat
Penjaga Pantai AS memantau keberadaan kapal yang diyakini kapal perusak kelas Udaloy Angkatan Laut Rusia RFS Marsekal Shaposhnikov di Laut Bering/Net
Setidaknya tujuh kapal perang milik Rusia dan China dilaporkan terlihat di Laut Bering, hanya beberapa puluh mil dari sebuah pulau di Alaska, Amerika Serikat (AS) pada 19 September lalu.

Keberadaan sekelompok kapal perang Rusia dan China itu juga telah dibenarkan oleh Penjaga Pantai AS pada Senin (26/9), dengan menyebut keduanya tengah melakukan patroli bersama.

Menurut Distrik ke-17 Penjaga Pantai AS, dari tujuh kapal, sebanyak empat di antaranya milik Angkatan Laut Rusia dan tiga lainnya milik Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA).

Sebagai tindak lanjut, kapal USCGC Kimball memantau keberadaan mereka yang berada kurang dari 200 mil dari pantai AS atau di dalam Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Amerika.

Berdasarkan Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS), setiap negara pantai memiliki ZEE, yang merupakan hak berdaulat atas sumber daya matirim. ZEE diformulasikan tidak lebih dari 200 mil laut dari luar laut teritorial 12 mil lautnya.

Selain Kimball, pesawat patroli maritim C-130 Hercules juga turut memantau kapal-kapal tersebut.

"Sementara formasi telah beroperasi sesuai dengan aturan dan norma internasional, kami akan bertemu untuk memastikan tidak ada gangguan terhadap kepentingan AS di lingkungan maritim di sekitar Alaska," kata Komandan Distrik ke-17 Penjaga Pantai AS, Laksamana Muda Nathan Moore, seperti dimuat Newsweek.

Sebuah pernyataan dari Penjaga Pantai AS juga menyertakan foto kru Kimball yang tengah memantau kapal. Tampak kapal tersebut menyerupai kapal perusak kelas Udaloy Angkatan Laut Rusia RFS Marsekal Shaposhnikov. Kapal ini diyakini ambil bagian dalam latihan bersama PLA.

Kementerian Pertahanan Rusia pada pekan lalu mengatakan Marsekal Shaposhnikov bergabung dengan korvet kelas Steregushchiy RFS Aldar Tsydenzhapov, RFS Sovershennyy, RFS Gromky dan kapal tanker laut Pechenga

China sendiri mengirim Nanchang, fregat Tipe 054A Yancheng, dan kapal pengisian ulang Tipe 903A Dongpinghu dari Armada Laut Utara Angkatan Laut PLA. Ketiga kapal perang itu ambil bagian dalam latihan perang Vostok empat tahunan Rusia pada awal September.

ARTIKEL LAINNYA