Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Hasil Referendum Kremlin: Donetsk-Luhansk-Kherson-Zaporizhzhia Setuju Gabung Rusia

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 28 September 2022, 13:33 WIB
Hasil Referendum Kremlin: Donetsk-Luhansk-Kherson-Zaporizhzhia Setuju Gabung Rusia
Ilustrasi/Net
Rusia mengklaim telah melakukan referendum di empat wilayah Ukraina yang dikuasainya. Berdasarkan referedum, mayoritas masyarakat di sana sepakat untuk bergabung dengan Rusia.

Referendum dilakukan di Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia dari Jumat (23/9) hingga Selasa (27/9).

Menurut media Rusia, sebanyak 93 persen suara di wilayah Zaporizhzhia mendukung untuk bergabung Rusia, seperti halnya 87 persen di wilayah Kherson, 98 persen di wilayah Luhansk, dan 99 persen di Donetsk.

Jumlah suara di Kherson lebih rendah lantaran banyaknya gerakan perlawanan bawah tanah yang dilakukan oleh Ukraina.

Presiden Rusia Vladimir Putin diperkirakan akan berbicara di parlemen pada Jumat (30/9) untuk membahas referendum tersebut. Sementara parlemen akan mempertimbangkan untuk mengakui keempat wilayah itu pada 4 Oktober mendatang.

Menanggapi klaim Rusia, Presiden Ukraina Volodymr Zelensky menyatakan tidak ada lagi negosiasi yang diperlukan dengan Moskow setelah mereka secara lebih jauh mengakuisisi empat wilayahnya.

"Setiap pencaplokan di dunia modern adalah kejahatan, kejahatan terhadap semua negara yang menganggap perbatasan yang tidak dapat diganggu gugat menjadi vital bagi diri mereka sendiri," tegasnya melalui siaran video untuk Dewan Keamanan PBB.

Banyak pemimpin Barat yang menyebut referendum itu palsu. Dewan Keamanan PBB juga telah memutuskan bahwa hasil pemungutan suara tidak akan pernah diterima dan keempat wilayah itu tetap menjadi bagian dari Ukraina.

ARTIKEL LAINNYA