Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Dikenal Sebagai Pengagum Putin, PM Baru Italia Janji Tetap Dukung Ukraina

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 28 September 2022, 16:24 WIB
Dikenal Sebagai Pengagum Putin, PM Baru Italia Janji Tetap Dukung Ukraina
Perdana Menteri baru Italia, Giorgia Meloni/Net
Perdana menteri baru sekaligus perdana menteri perempuan pertama Italia, Giorgia Meloni menyatakan komitmennya untuk mendukung Ukraina secara penuh.

Hal itu disampaikan oleh Meloni lewat cuitan di Twitter untuk membalas ucapan selamat dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Selasa (27/9).

Sehari setelah Meloni memenangkan mayoritas suara di parlemen, Zelensky mengatakan Ukraina menantikan kerjasama yang menguntungkan dengan perdana menteri baru Italia itu.  

Tak lama, Meloni langsung membalas cuitan dengan menyatakan dukungan dan menjamin bahwa dirinya dapat diandalkan untuk membantu rakyat Ukraina.  

"Yang terhormat (Presiden Zelensky), Anda tahu bahwa Anda dapat mengandalkan dukungan setia kami untuk kemerdekaan rakyat Ukraina. Tetap kuat dan jaga kepercayaan anda dengan teguh!" tulis Meloni.

Dimuat Reuters, Meloni merupakan politikus sayap kanan yang memimpin partai Brothers of Italy. Partai Brothers of Italy berhasil meraup 25,7 persen suara dari dua pertiga tempat dihitung. Sementara kubu oposisi dari partai demokrat kiri tengah hanya memperoleh 19,3 suara.

Meloni dikenal sebagai pengagum Presiden Rusia Vladimir Putin. Sehingga kemenangannya disebut menjadi penanda adanya perubahan arah kebijakan Italia terkait invasi Rusia ke Ukraina usai kepemimpinan Mario Draghi yang mundur dari jabatan perdana menteri.

Meski begitu, Meloni tetap mendukung keputusan pemerintahan Draghi untuk mengirim pasokan senjata ke Ukraina agar Kyiv dapat mempertahankan diri dari serangan Rusia.

ARTIKEL LAINNYA