Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sejuta Warga Kuba Hidup Tanpa Listrik Usai Terjangan Badai Ian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 28 September 2022, 23:51 WIB
Sejuta Warga Kuba Hidup Tanpa Listrik Usai Terjangan Badai Ian
Presiden Kuba Miguel Díaz-Canel mengunjungi Kota Pinar de Rio usai diterjang Badai Ian/Net
rmol news logo Setidaknya satu juta warga Kuba, terutama yang tinggal di wilayah Pinar de Rio harus hidup tanpa aliran listrik untuk sementara waktu usai diterjang Badai Ian.

Direktur Eksekutif The People's Forum Manolo de Los Santos mengatakan, Pilar de Rio adalah wilayah paling parah merasakan dampak badai, yang baru saja dikunjungi Presiden Kuba Miguel Díaz-Canel.

"Badai Ian baru saja melewati Kuba meninggalkan 1 juta orang tanpa listrik. Presiden @DiazCanelB sudah berada di Pinar del Rio, provinsi yang paling parah terkena dampaknya," cuit Manolo di akun Twitter pribadinya, Rabu (28/9).

Dia mengatakan, Badai Ian tidak menyebabkan adanya korban jiwa. Tetapi, setidaknya ada 50 ribu warga di Pinar de Rio yang harus mengungsi.

Sementara itu, kata dia, tenaga kerja listrik sedang menuju Pinar de Rio untuk memulihkan aliran listrik kota penghasil komoditas penting Kuba, yakni tembakau.

"Tukang listrik dan pekerja lain dari seluruh Kuba sedang dalam perjalanan ke Pinar del Rio untuk membantu mempercepat pemulihan provinsi ini," pungkasnya.

Saat ini, Kuba sedang menaksir seberapa parah kerusakan yang timbul akibat Badai Ian, yang melanda pulau itu sebagai badai Kategori 3 pada Selasa (27/9) pagi.

Institut Meteorologi melaporkan bahwa Kota Pinar del Río berada dalam jalur inti badai selama satu setengah jam.

Badai itu menghancurkan rumah-rumah dan meninggalkan puing-puing serta menimbulkan banjir yang menghalangi jalan-jalan di kota tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA