Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Singapura Siap Mulai Kembali Investasi ke Sri Lanka

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 29 September 2022, 05:28 WIB
Singapura Siap Mulai Kembali Investasi ke Sri Lanka
Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe (kanan) dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong/Net
Kesepakatan perdagangan bebas antara Singapura dan Sri Lanka yang telah diproses sejak tahun 2018, kini akan dilanjutkan kembali setelah sempat terhambat akibat krisis dan kerusuhan massal yang terjadi di Colombo.

Saat perjanjian dibuat, Ranil Wickremesinghe masih menjadi perdana menteri. Untuk itu, ketika menjabat sebagai presiden sementara, Ranil terus mengupayakan agar kesepakatan ekonomi dengan Singapura dapat terealisasi.

Seperti dimuat Tamil Guardian pada Rabu (28/9), pertemuan PM Ranil dengan PM Singapura, Lee Hsien Loong di Tokyo, telah membuka jalan untuk dimulai kembalinya proses kesepakatan.  

Dilaporkan, PM Lee berharap dapat memulai kembali investasinya di Sri Lanka. Untuk langkah lebih lanjut, PM Ranil kemudian mengundang Lee untuk mengunjungi Sri Lanka tahun depan ketika negara itu merayakan Ulang Tahun Kemerdekaannya yang ke-75.

Dalam beberapa bulan terakhir, Singapura menjadi fokus bagi banyak orang Sri Lanka, karena mantan presiden Gotabaya Rajapaksa melarikan diri dari Kolombo menuju negara itu.

Meskipun ada seruan dari organisasi HAM dan aktivis Tamil bahkan warga lokal Singapura yang ingin Rajapaksa dikembalikan ke Sri lanka.

Namun, Singapura justru malah mengizinkan Rajapaksa terbang ke Thailand, sebelum akhirnya kembali ke Sri Lanka.

ARTIKEL LAINNYA