Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Saldo: Saya Meminta Presiden Putin untuk Menerima Wilayah Kherson menjadi Bagian dari Rusia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 29 September 2022, 07:28 WIB
Saldo:  Saya Meminta Presiden Putin untuk Menerima Wilayah Kherson menjadi Bagian dari Rusia
Warga di Donbas mengikuti referendum yang berakhir pada Selasa 27 September 2022/Net
  Sama halnya dengan Zaporozhye, Kherson mengajukan permohonan kepada Rusia untuk bisa segera menerima mereka menjadi bagian dari Rusia setelah hasil referendum menyatakan mayoritas memilih bergabung.

Kepala administrasi militer-sipil Wilayah Kherson Vladimir Saldo menulis di saluran Telegram bahwa ia telah menyampaikan permintaan kepada  Presiden Vladimir Putin untuk menerima wilayah itu ke Rusia.

Lebih dari 87 persen penduduk di wilayah itu telah menyuarakan pilihannya untuk menjadi bagian dari Rusia melalui referendum yang berakhir pada Selasa (27/8).

"Wilayah Kherson mengadakan referendum untuk bergabung dengan Rusia, di mana lebih dari 87 persen penduduk di wilayah kami mendukung gagasan untuk bersatu dengan tanah air bersejarah kami," kata Saldo.

Ia bersikukuh bahwa referendum diadakan sesuai dengan semua prinsip  dengan  standar hukum internasional.

"Sebagai kepala Wilayah Kherson dan berdasarkan kehendak penduduk, saya meminta Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menerima Wilayah Kherson ke Rusia sebagai entitas konstituen baru," kata Saldo.

"Piagam PBB mengabadikan hak suatu negara untuk menentukan kerangka keberadaannya, sehingga referendum regional kami sepenuhnya legal. Pengamat dari berbagai negara juga menunjuk pada legitimasi dan transparansi proses pemungutan suara sehingga tidak ada yang meragukan hasilnya," tegas Saldo.

Hasil referendum pada hari terakhir menunjukkan sebanyak 87,05 persen memilih bergabung dengan Rusia dan  12,05 persen menentangnya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA