Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Badai Ian Mereda, Orang-orang Kuba Mulai Berani Keluar Rumah dan Berbenah

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 29 September 2022, 09:05 WIB
Badai Ian Mereda, Orang-orang Kuba Mulai Berani Keluar Rumah dan Berbenah
Badai Ian yang menyapu beberapa provinsi di Kuba pada Selasa 27 September 2022, merobohkan Pohon dan tiang-tiang/Net
Listrik telah dipulihkan di beberapa wilayah di Kuba setelah salah satu pembangkit listrik utama negara itu rusak parah akibat serangan Badai Ian.

Kepala otoritas energi listrik mengumumkan bahwa pemadaman listrik di seluruh pulau  yang disebabkan kerusakan sistem telah berdampak pada 11 juta orang dalam kegelapan.

Gladys Quesada, jurnalis dari kantor berita teleSUR, melaporkan bahwa pembangkit listrik termo-listrik Antonio Guiteras,  yang berbasis di Matanzas, 100km timur ibu kota Havana,  mengalami kerusakan yang cukup parah. Antonio Guiteras adalah pembangkit energi terpenting di Kuba.

Pemadaman listrik juga mengakibatkan tidak tersedianya air di banyak daerah yang mengandalkan pompa, sehingga warga tidak bisa mandi atau merebus air untuk diminum. Makanan di beberapa daerah dilaporkan rusak tanpa lemari es dan freezer yang berfungsi.

Otoritas terkait pada Rabu secara bertahap mulai melakukan pemulihan  layanan di wilayah timur meskipun kemungkinan prosesnya cukup sulit.

"Listrik telah dipulihkan ke tiga wilayah, tetapi pekerjaan sedang berlangsung untuk memulihkan listrik di wilayah lain," kata laporan itu, menambahkan bahwa beberapa fasilitas umum juga mulai diperbaiki dan orang-orang mulai berani keluar dari rumah untuk segera memperbaiki apa yang bisa mereka perbaiki.

"Seperti yang Anda lihat, cuaca di Havana di Kuba akan kembali normal, saat matahari bersinar, angin berembus dan langit cerah. Namun Anda dapat melihat laut masih bergelombang setelah badai," kata Quesada.

Pihak berwenang terus melakukan tur di Havana dan kota-kota lainnya untuk melakukan perbaikan. Provinsi Mayabeque, Provinsi Artemisa, dan Pinar del Rio adalah yang paling parah dilanda badai. Pohon-pohon tumbang dan kendaraan di jalanan tersapu.

Pemulihan yang dilakukan antara lain perbaikan sanitasi,  pembersihan jalan, mengumpulkan puing-puing, dan mengangkat tiang dan kabel yang jatuh, serta perbaikan layanan telepon.

Gubernur Florida Ron DeSantis memperingatkan dalam konferensi pers pada Selasa bahwa badai adalah "the real deal".

Dia mengumumkan keadaan darurat untuk seluruh Florida selama akhir pekan dan telah mengaktifkan 5.000 pasukan Garda Nasional.  

Badai Ian melintasi Provinsi Pinar del Río dengan kategori tiga pada skala Saffir-Simpson, Selasa (27/9). Kerusakan parah menimpa jaringan transmisi listrik, komunikasi, perumahan, fasilitas dan pertanian.

Meskipun pusatnya jauh dari wilayah Kuba, namun pengaruhnya cukup terasa. 
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA