Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terdampak Krisis Pangan dan Energi Akibat Perang, Ribuan Warga Ceko Protes Pemerintah Pro Barat Turun dari Jabatannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 29 September 2022, 12:03 WIB
Terdampak Krisis Pangan dan Energi Akibat Perang, Ribuan Warga Ceko Protes Pemerintah Pro Barat Turun dari Jabatannya
Aksi protes warga Ceko atas kebijakan pemerintah yang dinilai rugikan warganya/Net
rmol news logo Ribuan warga Ceko berbondong-bondong kembali turun ke jalan untuk menyuarakan kritiknya pada pemerintah yang dinilai gagal mengatasi krisis energi di tengah dukungan terhadap perang Ukraina dan sanksi barat.

Protes yang terjadi di hari libur nasional itu, dikomandoi oleh dua oposisi partai sayap kanan dan kiri di Lapangan Wenceslas, Praha. Namun, jumlah masa jauh lebih sedikit orang dibandingan aksi yang digelar sebelumnya dihadiri oleh 70 ribu orang pada 3 September lalu.

Dimuat Reuters pada Rabu (28/9), dalam aksinya para pendemo mengibarkan bendera Ceko sambil menerikkan tuntutanya pada pemerintah koalisi pro-barat yang dipimpin oleh Perdana Menteri Petr Fiala dari partai konservatif.

Sebuah video menunjukkan bahwa pengunjuk rasa terus menerus meneriakkan kata 'Mundur, mundur' yang ditujukan kepada pemerintah.

Mereka banyak mengkritik kebijakan pemerintah, salah satunnya karena ikut mendukung sanksi Uni Eropa terhadap Rusia yang berdampak pada krisis energi di negara itu.

Pra pengunjuk rasa memegang spanduk bertuliskan 'akhiri Komedia ini' sambil menyerukan kata 'Czech Republic First!', sebuah slogan yang mirip dengan kampanye mantan Presiden AS Donald Trump.

“Pemerintah ini benar-benar anti-Ceko. Mereka hanya melayani Uni Eropa dan kekuatan Amerika dan NATO dan sama sekali tidak mementingkan warganya," kata seorang demonstran.

Tak tinggal diam, pemerintah juga bertindak dengan mulai mengadopsi serangkaian kebsjakan termasuk bantuan keuangan untuk perusahaan dan pengurangan harga listrik untuk rumah tangga. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA