Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dewan Keamanan PBB Bertemu Bahas Kebocoran Pipa Gas Nord Stream Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 29 September 2022, 13:01 WIB
Dewan Keamanan PBB Bertemu Bahas Kebocoran Pipa Gas Nord Stream Rusia
Dewan Keamanan PBB/Net
rmol news logo Setelah munculnya laporan tiga kebocoran dari pipa Nord Stream di Laut Baltik pada awal pekan ini, Dewan Keamanan (DK) PBB segera menggelar pertemuan untuk membahas kemungkinan sabotase berdasarkan dugaan Denmark dan Swedia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde menyatakan jika negaranya dan Denmark diminta untuk menghadiri pertemuan tersebut untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang kebocoran yang terjadi di dekat zona ekonomi ekslusif (ZEE) kedua negara.

"Seperti yang telah diberitahukan oleh Presiden DK PBB Prancis kepada kami hari ini bahwa pihak Rusia telah meminta pertemuan kepada DK PBB untuk membahas soal kebocoran Nord Stream dan akan digelar Jumat (30/9)," ujarnya pada konferensi pers, seperti dimuat AFP pada Kamis (29/9).

Melalui Telegram-nya, Perwakilan Rusia untuk PBB, Dimitry Polyanskiy, mengumkan bahwa pertemuan itu akan digelar pada Jumat pukul 3 sore waktu setempat di markas besar PBB, New York, Amerika Serikat.

Kebocoran Jalur pipa Nord Stream 1 dan 2 cukup menarik banyak perhatian karena telah menjadi sumber ketegangan politik, saat Rusia mengancam akan mengurangi hingga menghentikan pasokan gasnya ke Eropa sebagai balasan dari sanksi ekonomi.

Denmark dan Swedia sebagai negara yang perairannya dekat dengan sumber kebocoran Nord Steram, melakukan penyelidikan lebih lanjut dan menemukan bahwa kebocoran tidak disebabkan oleh hantaman jangkar, melainkan oleh ledakan yang disengaja.

Indikasi sabotase kemudian banyak diperbincangkan dan aksi saling tuding juga tidak bisa dihindari. Sehari setelah pengumuman kebocoran, Rusia dan AS membantah terlibat dengan dugaan tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA