Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Terungkap, Mata-mata Jerman Bantu Kirim Informasi ke Ukraina untuk Kalahkan Rusia

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 29 September 2022, 13:42 WIB
Terungkap, Mata-mata Jerman Bantu Kirim Informasi ke Ukraina untuk Kalahkan Rusia
Markas besar Badan Intelijen Federal Jerman atau Bundesnachrichtendienst (BND)/Net
Badan intelijen luar negeri Jerman, Bundesnachrichtendienst (BND) diduga terlibat sebagai salah satu pihak yang ikut campur dalam perang antara Ukraina dan Rusia.

Dilaporkan majalah Zeit pada Rabu (28/9), BND telah meneruskan citra satelit, radio, dan data penyadapan telepon ke Kiev selama berbulan-bulan, membantu upaya perang Ukraina. Hal itu berbanding terbalik dengan pernyataan Berlin yang secara resmi menyatakan bahwa mereka bukan pihak dalam konflik.

"Informasi dapat dimasukkan ke dalam perencanaan perang dan membantu tentara Ukraina untuk menilai efektivitas tempur dan moral unit Rusia atau untuk memeriksa posisi mereka,” tulis Zeit, menggambarkannya sebagai kontribusi Jerman atas keberhasilan Ukraina dalam perang, seperti dikutip dari RT, Kamis (29/9).

Zeit dalam laporannya juga menyebutkan tentang adanya pertemuan antara ketua BND Bruno Kahl dengan mitranya dari Ukraina di Konferensi Keamanan Munich pada Februari, dan berada di Kiev ketika invasi Rusia dimulai.

Pemerintah Jerman memiliki kebijakan untuk tidak mengomentari masalah intelijen, dan Kanselir Olaf Scholz terus bersikeras bahwa Berlin bukan pihak dalam konflik Rusia-Ukraina.

Untuk berjaga-jaga, BND menugaskan analisis hukum pada bulan Mei, dan pengacaranya mengatakan bahwa berbagi intelijen tidak berarti Jerman adalah pihak dalam perang, di bawah hukum internasional.

Pertanyaannya, menurut Zeit, adalah apakah Presiden Rusia Vladimir Putin akan peduli dengan penguraian perbedaan hukum oleh para pengacara Jerman.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA