Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Badai Ian Melanda Florida, Joe Biden: Hati Amerika Benar-benar Hancur

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 01 Oktober 2022, 06:53 WIB
Badai Ian Melanda Florida, Joe Biden: Hati Amerika Benar-benar Hancur
Badai Ian menyebabkan kehancuran yang meluas di Pantai Fort Myers, Florida, AS, 30 September 2022/Reuters
Pusat Badai Nasional memperingatkan bahwa Badai Ian yang telah menyapu pantai  barat daya Florida pada Kamis pagi dan  bergerak menyapu beberapa wilayah di Carolina selatan pada Jumat (30.9), menjelma menjadi banjir yang mengancam jiwa.

Ancaman gelombang badai yang berbahaya, banjir bandang dan angin kencang akan terus berlanjut, sehingga warga disarankan untuk tetap berada di rumah dan waspada, sementara pihak terkait akan bersiaga melakukan penyelamatan.

Banyak pohon dan kabel listrik yang tumbang, sementara angin telah menyeret sebuah kapal besar yang akhirnya kandas di lepas pantai.

NBC melaporkan, 21 orang tewas selama Badai Ian menyapu Florida dan kemungkinan korban akan terus bertambah jika badai belum mereda.

Tujuh kematian dilaporkan karena tenggelam, menurut laporan Komisi Pemeriksa Medis Florida dalam pembaruan  Jumat.

Gubernur Florida Ron DeSantis mengatakan jumlah korban belum dikonfirmasi apakah keseluruhannya karena terjangan badai atau  mengalami keadaan darurat medis yang tidak terkait langsung dengan badai.

"(Di antara yang dilaporkan) mungkin saja ada kematian yang tidak disebabkan badai," katanya kepada wartawan.

Presiden Joe Biden pada Jumat mengungkapkan kesedihannya atas kehancuran di Florida. Menurutnya, itu adalah salah satu badai yang paloing kuat yang melanda AS dan dia telah mengarahkan setiap tindakan yang mungkin diambil untuk menyelamatkan nyawa.

"Kami melihat skala kehancuran itu. Kemungkinan besar ini adalah badai yang terburuk dalam sejarah negara ini," kata Biden kepada wartawan.

"Hati Amerika benar-benar hancur hanya dengan menonton orang, menonton di televisi. Saya hanya ingin orang-orang Florida tahu, kami melihat apa yang Anda alami dan kami bersama Anda. Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk Anda," katanya.

Rumah-rumah hanyut, jalanan rusak, dan ribuan orang terdampar di sepanjang Pantai Teluk negara bagian. Hampir 2 juta rumah dan bisnis di seluruh Florida tanpa listrik.

Biden telah menandatangani deklarasi bencana besar untuk sembilan kabupaten yang paling parah dilanda di Florida dan mengucurkan  bantuan untuk pemulihan yang diperkiarakan menelan biaya miliaran.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA