Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Korea Utara Luncurkan Uji Coba Rudal Balistik Keempat Kalinya dalam Seminggu

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Sabtu, 01 Oktober 2022, 15:40 WIB
Korea Utara Luncurkan Uji Coba Rudal Balistik Keempat Kalinya dalam Seminggu
Ilustrasi/Net
Sehari setelah berakhirnya latihan militer trilateral angkatan laut antara Korea Selatan, AS dan Jepang pada Kamis (29/9), Korea Utara kembali bereaksi dengan meluncurkan rudal balistik untuk keempat kalinya dalam sepekan.

Otoritas militer Korsel menyebut dua rudal balistik telah diluncurkan Korut dari Distrik Sunan di Pyongyang dan jatuh ke perairan lepas pantai timur pada Sabtu (1/10).

Dimuat New York Times, uji coba rudal Pyongyang untuk keempat kalinya dalam seminggu disinyalir merupakan tanggapan terhadap latihan militer bersama oleh AS dan sekutunya di dekat kawasan tersebut.

Angkatan laut Korea Selatan dan AS, termasuk kapal induk Amerika Ronald Reagan, melakukan latihan angkatan laut bersama di lepas pantai timur Semenanjung Korea dari Senin hingga Kamis (26-29/9).

Kemudian angkatan laut Jepang bergabung pada Jumat (30/9) untuk latihan trilateral dengan menunjukkan kemampuan gabungan mereka dalam mendeteksi dan melacak kapal selam musuh.

Sementara itu, Korea Utara menuduh Amerika Serikat dan sekutunya melakukan latihan semacam itu untuk mempersiapkan invasi ke wilayahnya.

Oleh karena itu, Korea Utara tak henti-henti memperkuat militernya dengan melakukan uji coba rudal, yang dalam satu tahun ini saja sudah tercatat 22 percobaan telah dilakukan.

Peluncuran rudal Korea Utara yang terbaru terjadi beberapa jam sebelum Korea Selatan dijadwalkan akan memperingati Hari Angkatan Bersenjatanya dengan penyelenggaran upacara dan pidato presiden.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA