Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Luncurkan Layanan 5G, PM Modi: Hari Bersejarah India

LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 02 Oktober 2022, 06:11 WIB
Luncurkan Layanan 5G, PM Modi: Hari Bersejarah India
Perdana Menteri India Narendra Modi/Net
India untuk pertama kalinya berhasil meluncurkan layanan internet 5G dalam acara Kongres Seluler India (IMC) yang digelar selama empat hari di Pragati Maidan, New Delhi.

Perdana Menteri India, Narendra Modi dalam pidatonya pada Sabtu (1/10) menyatakan bahwa hadirnya layanan 5G untuk pertama kalinya di negara itu merupakan hari yang sangat penting.

"Itu adalah hari bersejarah bagi India abad ke-21. Teknologi 5G akan merevolusi sektor telekomunikasi negara kita. Kami akan terus mendukung gerakan Digital India, termasuk kebutuhan akan teknologi yang terjangkau dan jaringan yang luas," ujarnya seperti dimuat Gulf Today.

Bersamaan dengan itu, Modi juga menyoroti perlunya meningkatkan produksi pembuatan smart phone dalam negeri untuk menunjang layanan 5G yang baru diluncurkan.

"Hingga 2014 kami dulu mengimpor 100 persen ponsel kami. Itu sebabnya kami memutuskan untuk menjadi 'atmanirbhar' di India. Saat ini kami memiliki 200 unit manufaktur ponsel sekarang," ujarnya.

Modi juga menyebutkan bahwa India memiliki koneksi internet sebesar 2.500 pada tahun 2014, jumlah tersebut kini meningkat menjadi 8.500.

Selanjutnya, 5G akan diluncurkan di kota-kota tertentu sejak hari peluncuran dan secara bertahap akan diperluas hingga seluruh negara selama beberapa tahun ke depan.

ARTIKEL LAINNYA