Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Hubungkan Jammu dan Kashmir ke Ladakh, Terowongan Zojila Rampung Akhir Tahun 2026

LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Minggu, 02 Oktober 2022, 10:43 WIB
Hubungkan Jammu dan Kashmir ke Ladakh, Terowongan Zojila Rampung Akhir Tahun 2026
Ilustrasi/Net
Terowongan Zojila sepanjang 13 kilometer, yang akan menghubungkan perjalanan antara Jammu dan Kashmir ke Ladakh diperkirakan akan rampung dan dibuka untuk umum pada akhir tahun 2026 mendatang.

Seperti dimuat TV Guide Time pada Kamis (29/9), saat ini proyek lintasan yang sempat terhenti tersebut, pekerjaannya saat ini sedang dipercepat oleh Megha Designing and Framework Developments Restricted (MIL).

“Perkembangan jalan ini sedang berlangsung dengan penuh dan normal, sehingga akan dikhususkan kepada individu (umum) menjelang akhir tahun 2026,” ujar pimpinan proyek MIL, Harpal Singh.

Menurut Harpal Singh, dengan selesainya kontainer terakhir proyek Zojila, jarak 32 km dari Sonmarg ke Minamarg, yang biasanya ditempuh dalam waktu empat jam, dapat memangkas waktu menjadi kurang dari 40 menit melalui terowongan ini.

Proyek yang baru dijalankan kembali pada 2020 lalu, sempat memiliki berbagai masalah dalam pembangunan lorongnya, seperti suhu di Kashmir yang membeku, yang telah menghambat pekerjaan lebih dari 1.000 orang. Kini sebagian besar pekerja yang berasal dari Kashmir telah ditingkatkan dalam pekerjaan ini, menjadi 2.300 pekerja untuk mempercepat pekerjaan.

Penempatan jalan dan lorong di Nilgarar-1 dan Nilgarar-2 juga akan segera dilakukan. Penyelesaian jalan dan proyek terowongan ini akan dapat membangun kembali akses jalan dari Jammu dan Kashmir ke Ladakh dari waktu ke waktu.

Selain itu, ketika seluruh proyek ini rampung dan dibuka untuk umum, semua kebutuhan dasar orang-orang di Ladakh dalam musim dingin mendatang kemungkinan akan segera terpenuhi. Serta, proyek ini juga dikatakan dapat mendorong dan memberikan kekuatan dalam pertumbuhan ekonomi Ladakh di masa depan.

ARTIKEL LAINNYA